Membedah Tauhid Uluhiyyah Bersama Ulama Mazhab Syafi'i

Ditulis oleh  Dr. Abdullah bin Abdul Aziz bin Abdullah Al-Anqary

PIS tauhid uluhiyyahTauhid menjadi perkara yang paling agung dalam agama ini karena tauhid merupakan tujuan penciptaan jin dan manusia. Hal ini sebagaimana yang Alloh Azza wa Jalla firmankan:
"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (Adz-Dzariyat : 56)
Tauhid merupakan tujuan da'wah seluruh Nabi dan Rasul yang Allah Azza Wa Jalla utus. Allah Tabaraka Wa Ta'ala berfirman,"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): 'Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thaghut (sesembahan-sesembahan selain Allah) itu'." (An-Nahl : 36)
     Dengan tauhid yang sempurna seseorang akan meraih kebahagiaan hidup di dunia dengan selamat dari berbagai macam kesesatan, dan akan meraih kebahagiaan di akhirat dengan rasa aman dari berbagai ketakutan dan adzab neraka. Allah Tabaraka Wa Ta'ala berfirman,"Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezhaliman (syirik), mereka . itulah orang-orang yang mendapat keamanan dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (Al-An'am -.82)
     Dengan tauhid suatu kaum akan diberi kekuasaan, dikokohkan agamanya, dan dikaruniai kehidupan yang aman di muka bumi ini. Allah berfirman:
"Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kalian dan mengerjakan amal-amal yang shalih bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasiq." (An-Nur: 55)
      Itulah di antara keutamaan tauhid, yang mana tidak akan mungkin seseorang bisa kokoh di atas tauhid kecuali dengan mempelajarinya, juga memahami secara rinci bentuk-bentuk kesyirikan, baik berupa jimat-jimat, perdukunan, sihir, klenik dan yang lainnya, kemudian menjauhkan diri dari perkara-perkara tersebut sejauh-jauhnya.
    Ilmu Tauhid adalah sebaik-baik ilmu, Ilmu yang paling tinggi dari semua ilmu, krn objek yang akan dipelajari adalah Allah jalla jallaluhu.
maka wajib dipelajari setiap individu muslim, siapapun dia. Selama dia mengaku muslim maka berkewajiban belajar ttg tauhid. Bagaimana dia mengenal allah, bagaimana di menyembah hanya Allah dan mengingkari penyembahan kpd selain Allah.

Adakah tauhid ibadah atau tauhid uluhiyyah dalam mazhab Syafi’i ?

    Buku ini menghadirkan tidak kurang dari 1.300 kutipan perkataan ulama dan tokoh mazhab Syafi’i yang semua itu mengindikasikan diakuinya tauhid Uluhiyyah dalam mazhab Syafi’i. Tauhid Uluhiyyah ataupun tauhid ibadah masih terasa asing di telinga sebagian besar muslim. Padahal, tanpa diragukan lagi tauhid ini menjadi topik utama dakwah para Rasul yang diutus kepada umat mereka, yaitu untuk mengajak mereka agar beribadah kepada Allah semata. Beberapa orang menyangka konsep Tauhid Uluhiyyah ada di mazhab Hanbali saja, tidak ada di mazhab lain. Dari sangkaan atau anggapan itulah muncul keraguan dan pertanyaan:

Benarkah konsep Tauhid Uluhiyyah ini hanya ada di mazhab Hambali; ataukah sebenarnya secara implisit ia ada dalam mazhab yang lain, semisal mazhab Syaf i’i ?

Buku ilmiah ini diharapkan bisa membuka wacana baru dan realita yang berbeda mengenai konsep “Tauhid Uluhiyyah” menurut mazhab Syafi’i. Objek kajiannya terfokus pada nukilan pendapat para ulama mazhab ini, berkenaan dengan makna ibadah dan macam-macamnya yang ia secara tidak langsung berkaitan dengan tauhid ibadah itu sendiri. Tidak kurang dari 1300 nukilan perkataan mereka yang dinukil penulis dari buku-buku karya pribadi, tentunya dengan penyertaan dalil-dalil shahih baik berasal dari al-Qur-an maupun as-Sunnah.

 

MEMBEDAH TAUHID ULUHIYYAH Bersama Ulama Mazhab Syafi'i
 Penulis: Dr. Abdullah bin Abdul Aziz bin Abdullah Al-Anqary
Ukuran : 15 x 23 cm
Tebal : 846 hlm (Hardcover)
Harga : Rp 140.000,- diskon jadi Rp 112.000

Pesan WA. 0819.2469.325


Info tambahan

  • Judul Asli: Juhud Asy-Syafiiyyah fi taqriri Tauhid Al Ibadah
  • Penulis: Dr. Abdullah bin Abdul Aziz bin Abdullah Al-Anqary
  • Dimensi Buku: 15x23 cm
  • Tipe Cover: Hardcover
  • Jumlah Halaman: 834 hlm
  • Bahasa: Indonesia
  • ISBN: -
  • Penerbit: Pustaka Imam Syafii
  • Harga: Rp 140.000 diskon jadi Rp 112.000
  • Cara Pemesanan: Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. / sms,WA,Telegram : 0819.2469.325 , BBM : 5B0FE340 (kami hanya menjawab pesan singkat yang dlengkapi nama dan alamat lengkap)
Lebih lanjut dalam kategori ini: « Subulus Salam ( 4 Jilid/Set)

Apa Kata Mereka ?