• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Pustaka Al Inabah Misteri Takdir : Ketentuan Allah yang Mesti Diyakini Penulis : Syaikh Dr Muhammad bin Ibrahim Al Hamd ;Penerbit : Pustaka Al Inabah .. Product #: PIN-0011 Regular price: Rp 60.000 Rp 60.000

toko buku islam muslim jual buku Misteri Takdir : Ketentuan Allah yang Mesti Diyakini

Harga: Rp 60.000  Rp 48.000

- +

Beriman kepada takdir merupakan salah satu masalah yang paling penting dalam akidah Islam. Beriman kepada takdir, yang baik maupun yang buruk merupakan salah satu Rukun Iman yang enam. Seorang Muslim tidak dapat dikatakan beriman sebelum meyakini Rukun Iman yang ke enam ini, sekalipun dia mengimani rukun-rukun lainnya.

Pembahasan masalah takdir merupakan bagian dari Akidah yang sangat pelik dan sulit difahami. Karenanya, tidak sedikit diantara mereka yang berusaha mengkaji masalah ini, baik dulu maupun kini menjadi bingung. Karena begitu banyak syubhat/kerancuan yang berkembang di seputar masalah yang satu ini. Mereka berusaha mengungkap misteri takdir ini dengan menggunakan logika semata, dan tidak mencari petunjuk dari sumber yang seharusnya. Akibatnya mereka tidak memperoleh manfaat apapun, dan hanya membuang-buang waktu dan energi semata, bahkan mereka menjadi bingung dan membingungkan, sesat dan menyesatkan.
Kesalahan dalam memahami takdir ini berujung pada munculnya firqoh-firqoh sesat.

Namun dengan rahmat dan karunia-Nya, Allah memberikan taufik-Nya kepada Ahlus Sunnah wal Jama'ah untuk memahami masalah takdir ini. Karena mereka mengikuti petunjuk al-Quran dan Sunnah, serta jejak as-Salafush Shalih. Sebab tidak ada cara lain untuk memahami masalah yang pelik ini kecuali dengan mengikuti petunjuk mereka.

Buku ini merupakan karunia besar yang Allah berikan kepada kita. Karena buku ini akan menuntun kita memahami masalah takdir tersebut sesuai dengan persepsi dan keyakinan Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Penulis menyusun buku ini dengan sangat sistimatis. Poin demi poin beliau jelaskan satu per satu dengan sangat rinci, jelas dan mudah. Berbagai syubhat seputar masalah ini beliau bantah satu per satu dengan tuntas, dan berbagai keyakinan sesat seputar takdir beliau jelaskan dan beliau kritisi sisi kesesatannya. Buku ini menjadi semakin istimewa dan bernilai karena telah dibaca, dikoreksi, diberi catatan dan kata pengantar oleh salah seorang ulama besar kontemporer, Syaikh Abdul Aziz bin Baz- rahimahullah.

PENTINGNYA PEMBAHASAN TENTANG TAKDIR

Pertama: Takdir mempunyai kaitan yang erat dengan iman kepada Allah. Sebab takdir adalah ketetapan Allah - Azza Wa Jalla- . Maka, siapa
yang mengimani takdir berarti ia beriman kepada Allah dan siapa vang mendustakannya berarti ia mendustakan Allah.

Selain itu, takdir juga berkaitan erat dengan hikmah, ilmu, kehendak, dan penciptaan Allah.

Kedua: Takdir sering disebut-sebut dalam dalil-dalil syari'at. Sangat banyak sekali dalil-dalil al-Qur'an dan Sunnah yang menjelaskan hakikat takdir. Bahkan, juga mewajibkan untuk beriman kepadanya.

Ketiga: Takdir termasuk di antara pembahasan akidah yang tcrbesar. Hal ini karena semua manusia membicarakannya, meskipun status dan agama mereka berbeda-beda. Bahkan, para ahli filsafat dan kalam serta penganut berbagai macam aliran pun sibuk memikirkan-nya.

Keempat: Takdir mempunyai kaitan erat dengan kehidupan dan kondisi manusia sehari-hari. Yakni dalam kejadian dan situasi yang berada di luar jangkauan keinginan dan pengaruh manusia.

Andaikata yang ada hanyalan hidup dan mati saja, atau perbedaan manusia dalam hal karya dan bakat, kaya dan miskin, sehat dan sakit, petunjuk dan kesesatan, niscaya itu sudah cukup untuk menjadi alasan agar manusia sibuk memikirkan takdir.

Kelima: Pembahasan tentang takdir adalah pembahasan yang sangat pelik. Meskipun secara fitrah ia diketahui, sebagaimana yang telah dijelaskan, dan dalil-dalil syar'i juga menjabarkannya secara gamblang, tapi tetap saja pembahasan tentangnya masih berat. Detail pembahasan yang rumit, permasalahan-permasalahan vang bercabang, persoalan dan perdebatan yang tidak sedikit, dan syubhat-syubhat yang beraneka ragam adalah hal yang membuatnya sulit dipahami dan dicerna.

Maka, tidak heran jika banyak yang bingung memikirkannya, mulai zaman dulu hingga sekarang. Padahal, mereka sudah menempuh segala cara dan upaya, bahkan juga telah sampai pada taraf mengetahui hakikatnya.
Namun, semua itu tak membuahkan hasil; tidak faidah yang bisa mereka petik. Hal ini dikarenakan mereka mencari petunjuk tidak melalui jalan yang semestinya. Maka yang mereka dapatkan hanyalah repot dan merepotkan, bingung dan membkan, sesat dan menyesatkan.

Keenam: Mengimani takdir dengan cara yang benar membuahkan hasil yang memuaskan. Yaitu, kebahagiaan dunia dan akhirat, keyakinan di dalam hati, akhlak yang terpuji, tekad tinggi, dan keinginan yang kuat.

Ketujuh: Jahil/kebodohan terhadap takdir atau memahaminya dengan yang salah hanya akan menjerumuskan pada akibat yang fatal. Yakni kesengsaran dan adzab, baik di dunia maupun di akhirat.

Hal ini sangat mudah dijumpai dalam realita kehidupan di tengah-tengah masyarakat kafir. Kasus-kasus seperti huru-hara, bunuh diri, dan kecemasan akut begitu tersebar di kalangan mereka.

Begitu juga sama halnya dengan kondisi umat Islam dewasa ini. Apa yang menyebabkan mereka menjadi bangsa yang terbelakang adalah karena kebodohan dan penyimpangan mereka dalam perkara akidah, lebih khusus lagi dalam perkara takdir.

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Softcover
Judul Asli Al Iiman bil Qodha wa Al Qodar
Judul Buku Misteri Takdir : Ketentuan Allah yang Mesti Diyakini
Jumlah Halaman 348 hlm
Kata Pengantar Syaikh Abdul Aziz bin Baaz - rahimahullah-
Penerbit / Publisher Pustaka Al Inabah
Penulis Syaikh Dr Muhammad bin Ibrahim Al Hamd
Ukuran Fisik Buku Buku ukuran sedang 15.5 x 23.5 cm