• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku

Kamus Bidah : Disarikan dari Buku-Buku Syaikh Al Albani

Harga: Rp 240.000  Rp 192.000

- +

      Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala-  telah menciptakan segala kebaikan di dalam penyucian jiwa dan ihnu. Akan tetapi, bagaimana orang-orang mukallaf bisa menggapainya? Apa yang bisa menyebabkan kehadiran kedua-nya, apalagi di zaman agama menjadi barang asing sekarang ini?
Inilah hal yang diserukan oleh para penyeru perbaikan terdahulu dan yang sekarang sebagai orang yang berjalan di atas manhaj Salafushalih. Di antara mereka di masa belakangan ini ahli di bidang hadits dan juga alim, Muhammad Nashiruddin bin Nuh An-Najati Al-Albani Rahimahullah. la mengumandangkan syiar tahfidh "pemurnian" dan tarbiyah "pendidikan" untuk memperbaiki umat. Di dalam syiar-nya terdapat sarana-sarana untuk mewujudkan ihnu yang benar dan jernih. Dari dalamnya muncul pengetahuan Islam yang jernih dan telah diturunkan oleh Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala-  ke dalam hati Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, Hal itu tidak akan terjadi, melainkan dengan pemurnian ihnu syar'i dari apa-apa yang dikaitkan dengannya berupa cacat, kerusakan, cerita-cerita bohong, dan berbagai macam bid'ah.

      Di antara sebab-sebab masuknya berbagai macam bid'ah di dalam syariat adalah berdalil dengan hadits-hadits lemah dan palsu. Berdalil dengannya dengan alasan bahwa semua itu sumber dalam penetapan syariat dan sumber hukum. Oleh sebab itu, perhatian Syaikh kita Al-Albani Rahimahullah terfokus pada penjelasan shahih dan serta dha'if, yang bagus dan serta buruk dengan menguras tenaga yang sangat besar dalam hal ini.   

Dalam hal ini beliau -rahimahulloh- menyambungkan malam hingga siang dan berlangsung selama bertahun-tahun. Bahkan, kesulitan yang dihadapi lebih dari lima macam dan ia berusaha menguranginya sedikit demi sedikit ketika tengah mewujudkan tujuan yang agung ini. Semua itu diterjemahkan di dalam upaya yang sangat besar, pengaruh-pengaruh yang sangat mulia dalam sebuah proyek yang sering disebut "Mendekatkan Sunnah di Hadapan Umat."

Beliau -rahimahulloh-  sering berpanjang-lebar dalam berbagai kesempatan ketika menjelaskan pengaruh-pengaruh buruk berbagai hadits dan atsar lemah atau palsu bagi umat. Semua pengaruh tersebut nuncul dengan sangat jelas di dalam berbagai bid'ah. Bid'ah yang telah menyebar sangat luas dan memiliki para penjaganya yang selalu menjaganya. Orang-orang yang selalu melindunginya dan para pendukung yang selalu mensakralkannya, yaitu orang-arang yang bengkok tubuhnya serta menyimpang hatinya.

     Di antara produk-produk cetakan yang beliau -rahimahulloh-  tinggalkan dan masih ada dan tetap hingga sekarang ini dalam lembaran-leanbaran yang sangat sedikit adalah Qamus Al-Bida'. Syaikh rahimahullah menginginkan kiranya dipanjangkan umurnya antuk menyelesaikan proyek mulianya ini. Akan tetapi, datang takdir Allah Ta'ala, beliau -rahimahulloh-  wafat dan proyeknya belum terselesaikan.
Alhamdulillah, para murid Syaikh Albani melanjutkan proyek penyusunan kitab Qomus Bidah ini. Yang dihimpun dari semua pembahasan Syaikh Rahimahullah berkenaan de-ngan judul ini dari semua kitabnya yang telah dicetak.,

Dalam menghimpun semua materi buku-buku ini , penyusun bersandar kepada pembacaan semua karangan syaikh Al Albani -rahimahulloh- tersebut di atas,dengan mentakhrij apa-apa yang khusus berkenaan dengan bid’ah.lalu mendistribusikannya ke dalam judul-judulnya. Juga memilih ungkapan-ungkapan yang paling jelas dalam menjelaskan tentang bid'ah. Penyusun buku ini juga tidak lupa untuk menyebut
dari mana datang pendapat bahwa hal itu bid'ah dan teks-teks para ulama sebagaimana yang telah dinukil olehSyaikh -rahimahulloh- serta menghimpun semua pembahasan Syaikh tentang bid'ah dari semua bukunya dalam satu tempat.

Penyusun buku ini menaruh perhatian terhadap apa-apa yang dinukil oleh Syaikh -rahimahulloh- dari berbagai referensi, dan kadang-kadang penyusun percaya kepada sebagiannya jika hal itu penulis butuhkan Bisa jadi penulis tambahkan kepadanya dan penulis komentari sesuai dengan pendapat penyusun bahwa yang demikian itu harus dan sangat bermanfaat. Penyusun juga sebutkan adanya sikap Syaikh Al albani -rahimahulloh- menjauhkan sebagian apa yang ia munculkan di sini dan penjelasan rincinya berkenaan dengan hal-hal yang bersifat global atau bid'ah yang ada di dalam sebagian buku-bukunya, dan belum menerbitkan secara khusus. Sebisa mungkin penulis jauhi pengulangan-pengulangan.

Di antara sesuatu yang sangat berfaidah di dalam nukilan-nukilan Syaikh Rahimahullah yang penulis munculkan adanya kecemburuan imaniah atas Sunnah, sikap sangat mendukung dan upaya menyebarkannya. Juga upaya menggugah orang lain untuk berpegang kepadanya. Di dalamnya ada isyarat-isyarat yang menunjukkan tahun untuk sebagiannya, misalnya, berke¬naan dengan bid'ah-bid'ah dalam ibadah haji dan umrah, nomor 156-163, yang dita'liq pada nomor 168. Di dalamnya juga terdapat sedikit penyelesaian atas sebagian bid'ah-bid'ah modern. Disebutkan di sana sebagian bukti-bukti kasat mata, bantahan, dan penolakan terhadap sebagian orang yang memasarkan bid'ah; atau bid'ah laku keras di tangannya, sedangkan dia tidak mengetahuinya.
materi buku qomus bidah ini sangat bermanfaat, menyenangkan, hangat, dan modern. Membahas berbagai bid'ah yang masih ada dan masih memiliki pendukung. Bagi para pencetusnya ke-miripan dan kaitan dengan hadits-hadits dan atsar-atsar atau dengan pendapat sebagian ulama. Sebagai pegangan Muslimin untuk memahami dan mengamalkan sunnah Rosululloh .

Kamus Bid’ah : Disarikan dari Buku-Buku Syaikh Al Albani -rahimahulloh-
Judul asli ; Qamus Al Bida’
Penyusun : Syaikh Abu Ubaidah Masyur bin Hasan AluSalman
Syaikh Abu abdillah Ahmad bin ismail Asy Syakukani
Fisik : buku ukuran sedang 15.5x24cm, 994 hal
Penerbit ; Pustaka darul falah

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Hardcover
Judul Asli Kamus Bidah
Judul Buku Kamus Bid’ah : Disarikan dari Buku-Buku Syaikh Al Albani
Jumlah Halaman 1.048 hlm
Penerbit / Publisher Darul Falah
Penyusun Syaikh Abu Ubaidah Masyur bin Hasan AluSalman,Syaikh Abu abdillah Ahmad bin ismail Asy Syakukani
Ukuran Fisik Buku Buku Ukuran Sedang 16 x 24.5 cm