• Hotline: (+62) 819.2469.325

Ummul Mukminin Khadijah : Teladan Agung Wanita Mukminah

Mempelajari sirah atau sejarah biografi para Ummahatul Mukminin (Ibundanya orang-orang Mukmin) dan kehidupan mereka bersama Nabi sangatlah diperlukan bagi setiap muslim..
Mengetahui keunggulan dan kedudukan mereka yang agung itu juga lebih diharuskan. Menelaah sirah mereka termasuk salah satu sarana pendidikan dan penyucian jiwa yang paling utama, karena garis edarnya berada di kutub keteladanan dan panutan, sehingga tidak ada sesuatu pun yang dilakukan seseorang pada dirinya sendiri, melainkan seperti perbuatan sang teladan dan panutan mereka radhiyallahu'anhuma ajma'in.

Mereka menyertai kehidupan Nabi hingga memenuhi hidup beliau. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala mengarahkan orang-orang beriman, baik pria maupun wanita, agar meneladani kehidupan Nabi serta Ummahatul Mukminin. Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak menghendaki aku menikah atau dinikahkan, kecuali dengan wanita-wanita penghuni Surga".
Mereka adalah wanita-wanita yang dipilihkan Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk Rasul-Nya, sebagaimana disebutkan dalam hadits Abu Said Al-Khudri, bahwasannya Rasulullah ﷺbersabda, "Aku tidak menikah dengan istri-istriku dan aku tidak menikahkan putri-putriku, kecuali dengan izin yang dibawa Jibril dari Allah".

Sejak Islam bertabur kisah para wanita shalihah, wanita yang telah mereguk kesuksesan dalam mengemban amanah Rabbnya sebagai wanita, baik sebagai anak, istri, maupun ibu, Wanita yang berbalut kemuliaan prestasi tersebut patut dijadikan figur teladan ideal oleh setiap muslimah sepanjang masa.

Diantara muslimah yang patut menjadi teladan ideal karena kecemerlangan prestasinya di mata Allah adalah Khadijah, istri sekaligus wanita yang paling dicintai Muhammad.

"Dialah yang beriman kepadaku ketika orang-orang mengingkari. Dialah yang membenarkanku ketika orang-orang mendustakan. Dialah yang memberikan hartanya kepadaku ketika orang-orang sibuk menahan. Dan kepadanya pula Allah menganugerahkan anak padaku dibandingkan istri-istri yang lain." (Rasulullah tentang Khadijah; dalam hadits riwayat Ahmad)

Perjalanan panjang sejarah Islam tidak lepas dari kontribusi kaum muslimah, sebab tidak sedikit kontribusi mereka yang telah terabadikan. Kitab-kitab sirah yang mengupas kehidupan generasi shalih terdahulu telah menjadi prasasti sejarah yang membuktikan sumbangsih kaum muslimah bagi kejayaan dien dan dakwah Islam di seluruh penjuru Bumi. termasuk kiprah istir-istri Rasulullah dalam panggung sejarah yang tidak dapat dipungkiri keberadannya. Mereka adalah figur teladan ideal bagi muslimah yang telah nyata kontribusinya bagi Islam, telah nyata pula kemurnian aqidah dan kemuliaan akhlaknya.
melihat betapa besarnya kontribusi Khadijah bagi Islam, baik sebagai perempuan maupunn istri, serta besarnya pula tantangan yang dihadapi kaum muslimah saat ini, buku ini hadir untuk merepresentasikan kembali sosok wanita tyeladan sejati tersebut ke hadapan pembaca, sehingga sosok Khadijah seakan-akan hadir di tengah-tengah kita untuk menjadi teladan nata bagi wanita. Semoga terbitnya tulisan tentang Khadijah ini menjadi oase di tengah kegersangan krisis keteladanan di kalangan Muslismah.

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Hardcover
Judul Buku Ummul Mukminin Khadijah : Teladan Agung Wanita Mukminah
Jumlah Halaman 310 hlm
Penerbit / Publisher Insan Kamil
Penulis Ibrahim Muhammad Hasan Al–Jamal
Ukuran Fisik Buku Buku Ukuran Sedang 15 x 23 cm