• Hotline: (+62) 819.2469.325

Syamail Ar Rasul : Ciri, karakter, Tanda kenabian, Keistimewaan dan Mukjizat Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam –

Written by Imam Ibnu Katsir

PA syamailSalah satu tujuan penulisan kitab-kitab hadits rujukan adalah menguraikan semua yang berkaitan dengan Rosulullah, baik ibadah, akhlak, muammalah dan lainnya yang bisa kita gunakan sebagai teladan.
dari sini, muncullah kitab Ash Shahih, As Sunna, Al Musnad dan lainnya yang tercakup didalamnya sifat dan prilaku Rosulullah secara umum.
Kitab Syamail Ar-Rosul karya Imam Ibnu Katsir - rahimahullah- ini merupakan salah satu buku yang mengupas secara detail ciri, karakter, tanda kenabian, keistimewaan, dan mukjizat Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - .
Dalam menulis buku ini Imam Ibnu Katsir menambahkan beberapa riwayat dari kitab Ash Shahih dan Al Musnad, oleh karena itu buku ini sangat layak dimiliki oleh seorang muslim guna mengenal betul karakter dan sifat, Tanda kenabian, keistimewaan dan mukjizat berdasarkan dalil-dalil yang shahih Rosulullah. sebagai pelengkap kitab Sirah nabawiyah.
Syama'il ( sifat dan Karakter) adalah tema yang menjadi perhatian para ulama Islam sejak dahulu. salah satu tujuan penulisan kitab-kitab hadits yang paling utama tertuju kepada amalan-amalan Rosulullah dalam hal ibadah, akhlak, petunjuk dan muammalah Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - dalam kapasitas sebagai teladan yang baik.
dari sini kitab dapati kitab-kitab ash shahih, as sunan dan al musnad yang mencakupi sifat dan perilaku Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - yang tersebar di antara bab-bab ibadah, muammalah,akhlak,adab, zuhud dan kelembutan hati.
Kemudian para ahli hadits memisahkan tema sifat dan karakter ini dalam kitab tersendiri sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ibnu katsir - rahimahullah- ,"Para ulama telah menulis tema ini dari dulu hingga sekarang, baik dalam kitab tersendiri ataupun tersisip dalam kitab-kitab umum. diantara ulama yang menghimpun tema ini adalah Imam Abu Isa Muhammad bin Isa At Tirmidzi, -pemilik kitab sunan at Tirmidzi- Ia menulis tema ini secara tersendiri dalam kitab nya yang masyur Asy Syamail, kami memiliki sanad kitab yang tersambung kepadanya."
lalu apa yang dilakukan imam Ibnu Katsir - rahimahullah- dalam kitabnya untuk mencapai tujuan ini ?.

Rujukan utama Imam Ibnu katsir dalam menulis kitab ini adalah kitab asy syamail karya at tirmidzi, kemudian dia menambahkan riwayat yang terdapat dalam kitab ash shahih dan al musnad, sebagimana yang beliau - rahimahullah- katakan," kami mengambil sumber dari apa yang ditulis oleh at Tirmidzi dan kami menambahkan hal-hal yang penting yang tidak bisa dielakkan oleh ahli hadits dan fuqoha."

Ibnu Katsir - rahimahullah- dalam kitabnya ini mencantumkan penjelasan-penjelasan yang bisa dimasukkan utk tujuan ini, karena dia tidak meninggalkan satu sisipun dari keterangan-keterangan yang ada dalam berbagai kitab hadits mengenai sifat dan karakter Rosululloh, melainkan dia menyebutkan dalam kitabnya ini.
Beliau menyusunnya dalam bab-bab yang cermat. jadi apa yang dilakuan imam ibnu katsir adalah menghimpun secara menyeluruh dengan susunan yang cermat.

Adapun tentang Dalil- dalil kenabian, tema ini juga menjadi perhatian para ahli hadits dan ulama sunnah. dalam kitab-kitab hadits ash shahih kitab dapatkan bab-bab tersendiri yang menghimpun sebagian mukjizat Rosullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - dan mengisyaratkan dalil-dalil kejujuran beliau.
Diantara bab yang ditemukan adalah pada kitab Shahih Al Bukhari yakni bab tanda-tanda kenabian dalam Islam. selain itu adalah riwayat Al Bukhari terhadap sebagian mukjizat dalam bahasan tentang sirah dalam kitab Shahih-nya, seperti mukjizat terbelahnya bulan, keluarnya air dari jemari beliu, bertambah banyaknya makanan yang beliau sentuh dan lainnya.
Demikian pula dalam kitab Shahih Muslim, di dalamnya tercakup juga bab tentang mukjizat nabi. juga terdapat dalam Musnad Ahmad ditemukan pula dalil-dalil ini tersebar dalam musnad setiap shahabat.

Penulisan tema tentang dalil-dalil kenabian itu telah diawali beberapa generasi sebelum imam Ibnu Katsir, seperti kitab :
1. dala'il An Nubuwah ( dalil-dalil kenabian) karya Imam Abu Nuaim Ahmad Al Ashbahani, penulis kitab Hilyah Al Auliya ( wafat 430 H)
2. A'lam An Nubuwah ( tanda-Tanda Kenabian), karya Imam hasan Ali Al Mawardi Asy Syafii ( wafat 500 H), kitab ini memiliki keistimewaan karena bersandar pada argumen nalar selain argumen atsar/riwayat dan dalil yang beliau paparkan.
sehingga kitab ini berhasil membungkam argumen yang menolak kenabian Muhammad, yakni dari kalangan Yahudi dan Nasrani.
3. Dalail An Nubuwah ( Tanda-tanda Kenabian), karya Imam Al Baihaqi ( wafat 458 H), kitab ini memaparkan mukjizat inderawi dengan sangat terperinci.

Ibnu Katsir - rahimahullah- dalam kitab ini fokus pada aspek dalil, karena itu beliau mencantumkan hadits-hadits yang dia yakini shahih atau menurutnya bisa diterima.
Ibnu katsir dalam bab tentang dalil kenabian ini memiliki keunggulan dengan dikutipnya pendapat Imam Ibnu taimiyah, yakni satu pasal dari kitab nya dimana dia membantah kelompok yahudi dan Nasrani. Diakhir pasal itu Imam Ibnu Taimiyah - rahimahullah- menyebutkan dalil kenabian, sehingga ibnu katsir menggambarkan metode Ibnu taimiyah ini sebagai, " Jalan yang baik dan benar, dengan kalimat-kalimat yang lugas dan menundukkan bagia siapa saja yang mencerna dan memahaminya."

Adapun Tema tentang Berbagai kekhususan dan keutamaan Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - , Ibnu Katsir diawal kitab ini menyebutkan bahwa dia akan menulis satu bab tersendiri tentang kehususan-kekhususan Rosulullah. Akan tetapi, dia tidak jadi melakukannya meskipun dia menyebutkan kekhususan Rosulullah, sedangkan bahasan tentang keutamaan Rosul , Ibnu katsir cukup dengan menyampaikan perbandingan antara apa yang diberikan kepada nabi sebelum beliau.
Alasan ibnu katsir yang mendorong menulis bab ini adalah karena beliau menemukan sebuah kitab yang diringkas dari Sirah Al Imam Muhammad bin Ishaq oleh gurunya, yakni Abu Ma'ali atau dikenal dengan nama Ibnu Az-Zamlakani. diakhir kitab kecil ini disebutkan sedikit tentang keutamaan Rosul. Ibnu katsir melihat pembahasan dalam kitab kecil ini belum tuntas, sehingga beliau bertekad menyempurnakan nya didalam kitab nya .

Syamail Ar Rasul : Ciri, karakter, Tanda kenabian, Keistimewaan dan Mukjizat Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam –
Judul asli : Syamail Ar Rosul wa dalail nubuwatihi wa khashaishihi
Penulis : Imam Ibnu Katsir
Tahqiq : Team Syarikah An Nada
Fisik : Buku ukuran sedang 15 x 23.5 cm, hardcover, 1284 hlm
Penerbit : Pustaka Azzam
Harga Rp 295.000

Additional Info

  • Judul Buku: -
  • Judul Asli: -
  • Penulis: -
  • Tahqiq/Takhrij: -
  • Ukuran Fisik Buku: Buku Ukuran Sedang
  • Format Cover: Hardcover
  • Jumlah Halaman: hlm
  • Penerbit /Publisher: -
  • Harga: Rp ( Belum Termasuk Ongkos Kirim)
  • Cara Pembelian: Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., sms/WA/Telegram : 08192469-325 , BBM : 5B0FE340 ( Pastikan !! tulis nama & Alamat lengkap )
Read 123 times