• Hotline: (+62) 819.2469.325

Fikih Muyassar : Panduan Praktis Fikih Dan Hukum Islam Lengkap Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah

Written by Prof.Dr. Abdul Aziz Mabruk Al-Ahmadi,Prof.Dr. Abdul Karim Bin Shunaitan Al-Amri, Prof. Dr. Abdullah Bin Fahd Asy-Syarif, Prof.Dr. Faihan Bin Syali Al-Muthairi

DH fikih muyassarPaham dan mengerti ajaran agama dan memiliki bashirah (ilmu yang dalam tentang hukum-hukum syariat termasuk tujuan paling mulia dan sasaran paling ideal. Tidaklah ajakan syariat (dalam banyak nash-nash yang shahih) untuk menggali (ilmu) fikih dan menguasainya dengan baik, secara pengetahuan dan perenungan tentangnya, melainkan pertanda paling baik yang menunjukkan kedudukan (penting dan tinggi) bagi tuntutan ini di dalam agama Allah. Dan cukup sebagai bukti dari ini bahwa Allah - Subhanahu Wa Ta'ala – menjadikan keinginan-Nya untuk (memberikan) kebaikan pada hamba adalah pemahamannya pada Agama Islam.
Rasulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - bersabda,
'Barangsiapa yang Allah menghendaki kebaikan baginya, maka . Dia menjadikannya memahami agama."

Buku ini memuat masalah hukum-hukum fikih dalam ibadah dan muamalat disertai dengan dalil-dalil syar'inya dari al-Quran al-Karim dan Sunnah Nabi yang shahih. Semua itu diulas dengan penjelasan yang mudah dipahami dan keterangan yang mudah dimengerti, jauh dari kalimat-kalimat yang sulit dan pemaparan yang bertele-tele sehingga banyak kaum Muslimin tidak mampu mencernanya dan memetik faedah darinya, dan diulas dengan ringkas sehingga memudahkan masyarakat memahami hukum-hukum agama tanpa mengurangi dan menjatuhkan bobot materi ilmiah buku yang dipilih.

Kemudian al-Mujamma' -demi sebuah ketelitian sebagaimana keadaannya pada setiap buku yang diterbitkannya-, menyerahkan proses penyusunan buku ini kepada sebuah tim ahli pilihan yang beranggotakan para profesor yang memiliki spesialisasi di bidang ilmu syar'i, khususnya fikih. Selanjutnya buku hasil kerja mereka dipaparkan di hadapan sebuah tim penasihat khusus untuk mengeditnya sehingga dapat diberikan ralat susulan pada bagian-bagian yang kurang tepat atau kurang jelas. Akhirnya buku ini, alhamdulillah, hadir dalam banyak keunggulan, di antaranya:

1. Akurasi yang maksimal dalam hal keshahihan hadits dan atsar yang menjadi landasan hukum fikih di setiap masalah.
2. Cakupan dan kandungannya yang luas meliputi bab-bab fikih dan masalah-masalahnya, di mana setiap Muslim pasti memerlukannya.
3. Kalimat yang jelas dan susunan bahasanya yang mudah (dipahami), sehingga para penuntut ilmu dan orang-orang yang kemampuannya di bawah mereka dari kalangan Muslim yang awam bisa mengambil manfaat darinya.

4. Pembagiannya yang detail dan mudah diambil faedah dari tema-temanya, hal ini dengan cara menjadikannya dalam judul-judui tema yang menunjukkan kepadanya dan membantu memahami-nya.

5. Menyisipkan peringatan terhadap beberapa penyimpangan syar'i
yang boleh jadi banyak kaum Muslimin terjatuh di dalamnya karena jahil atau taklid.

Metode penulisan buku ini tertuang dalam beberapa poin berikut:

Pertama: Membagi tema-tema dalam kitab-kitab induk, kemudian membagi setiap kitab dalam bab-bab, dan setiap bab menca-kup sub bab, hal ini dalam rangka memudahkan pembaca buku ini.

kedua: Membatasi pembahasan pada masalah-masalah penting vang dibutuhkan di setiap bab, tanpa menyebutkan cabang-cabang dan masalah-masalah vang kurang dibutuhkan.

Ketiga: Ringkas, dengan memilih kata-kata dan kalimat-kalimat yang mudah dan jelas sebisa mungkin.

Keempat: Membatasi pembahasan pada dalil-dalil yang dapat dijadikan pijakan di setiap masalah.

Kelima: Membatasi pembahasan pada pendapat yang rajih yang didukung oleh dalil dalam masalah-masalah yang diperselisihkan tanpa menyebutkan pendapat-pendapat dan madzhab serta perbedaan pendapat dalam masalah tersebut.

Keenam: Menisbatkan ayat al-Quran dan mengakuratkannya dengan menyebutkan nama surat dan nomor ayat di akhir ayat yang hadir dalam buku ini.

Ketuiuh: Mentakhrij hadits-hadits Nabi dengan menisbatkannya kepada sumber sunnah yang dapat dijadikan patokan. Bila hadits tersebut terdapat dalam ash-Shahihain atau salah satunya, maka kami mencukupkan dengannya, dan bila hadits tersebut tidak terdapat di dalam salah satu dari keduanya, maka kami mentakhrijnya dari buku-buku sunnah yang masyhur dengan mendahulukan kitab as-Sunan yang empat dari selainnva dengan disertai hukum terhadap Hadits yang di selain ash-Shahihain dan keterangan tentang derajatnya. Hal itu dengan merujuk ucapan para imam di bidang ini, baik yang dahulu maupun yang sekarang

Kedelapan :Menjelaskan kata-kata dan istilah-iatilah yang memang memerlukan keterangan dan penjelasan yang hadir di tengah-tengah pembahasan dengan memberikan keterangan dicatatan kaki.untuk terminologi pembahasan yang utama maka ia dijelaskan di tengah pembahasan kitab, yaitu di awal setiap bab dan sub bab.

Kesembilan: Mengambil faedah dari sebagian buku-buku kontemporer dibidang fikih, yang paling penting di antaranya : syarh mumti, Syaikh Muhammad bin Utsaimin dan al-Mulakhkhash al-Fiqhi karya Syaikh Shalih al-Fauzan dengan menambahkan buku-buku rujukan induk dalam madzhab yang empat dan lainnya.

Kesepuluh: Mengingatkan kepada sebagian perkara yang banyak manusia terjerumus di dalamnya dari perkara-perkara yang menyelisihi al-Quran dan as-Sunnah yang shahih, dengan menjelaskan yang benar dan yang haq dalam masalah tersebut.

Dalam buku ini tersaji:

* Pengantar ilmu fikih yang tertuang dalam mukadimah, yang menyajikan uraian bagus mengenai fikih dan segala kedudukan pentingnya serta hal-hal mendasar yang harus diketahui setiap Muslim.

* Kitab Thaharah (bersuci), mencakup: Hukumnya; Air yang suci dan tidak suci; Bejana; Buang Hajat dan Adabnya; Siwak; Sunnah-sunnah Fitrah; Wudhu; Mengusap Khuf, Serban & Gips saat berwudhu; Mandi; Tayamum; Najis & Cara Menyucikannya; Haid dan Nifas.

* Kitab Shalat, mencakup: Definisi & Kedudukan Shalat; Adzan dan Iqamat; Waktu-waktu Shalat; Syarat dan Rukun Shalat; Shalat-shalat Sunnah; Sujud Sahwi, Tilawah, dan Sujud Syukur; Shalat Jamaah; Menjadi Imam Shalat; Shalat Orang yang Memiliki Udzur; Shalat Jum’at; Shalat Saat keadaan genting; Shalat Dua Hari Raya; Shalat Meminta Hujan; Shalat dua Gerhana; Shalat Jenazah dan mengurus Jenazah.

* Kitab Zakat, mencakup: Hukumnya; Zakat Emas dan Perak, Hasil Bumi, Hewan Ternak; Zakat Fitrah; yang Berhak Menerima Zakat.

* Kitab Puasa, mencakup: Hukumnya; Alasan Boleh Tidak Berpuasa; Pembatal Puasa; Yang sunnah dan makruh saat puasa; Qadha` Puasa, Puasa-puasa Sunnah, Makruh, dan Haram; I’tikaf.

* Kitab Haji, mencakup: Hukumnya; Rukun dan Wajib Haji; Larangan Ihram; Hewan sembelihan haji; Tata Cara Haji dan Umrah sesuai Syari’at; Tempat-tempat yang Disyariatkan untuk Diziarahi di Madinah; Hewan Kurban; dan Akikah.

* Kitab Jihad, mencakup: Hukumnya, Syarat dan Faktor Yang menggugur kewajiban jihad; Tawanan dan Harta Rampasan; Gencatan Senjata, Orang-orang kafir yang tidak boleh dibunuh.

* Kitab Muamalat, mencakup: Jual beli; Riba; Pinjaman; Gadai; Jual beli berdasarkan sampel barang; Mutasi Piutang; Jaminan dan Garansi; Sewa-menyewa; Pengelolaan Lahan dan Perawatan Tanaman; Memberikan Suaka; Penitipan barang; Menyerobot hak orang; Perdamaian; Perlombaan; Pinjam-meminjam; Menghidupkan Lahan Mati; Barang dan Anak Temuan; Wakaf; Hibah dan sebagainya

* Kitab Warisan, wasiat, dan memerdekakan sahaya, mencakup: Tindakan orang sakit; Wasiat; Memerdekakan sahaya; Memerdekakan Diri Sendiri; Pembagian Warisan.

* Kitab Nikah dan Perceraian, mencakup: Hukum dan hikmah Menikah; Syarat-syarat sah akad nikah; Mahar; Hak Pernikahan dan Kewajibannya; Pesta pernikahan; Gugatan cerai oleh Istri; Talak; Saling melaknat antara suami istri karena tuduhan selingkuh; masa menunggu setelah cerai dan masa berkabung setelah kematian suami; Penyusuan; Mengasuh anak; Nafkah.

* Kitab Jinayat (Tindak kriminal), yang mencakup berbagai hal terkait dengannya.

* Kitab Had (hukum pidana Syari’at), yang mencakup: Definisi, Pensyariatan dan Hikmah Hukuman Had; Hukuman Had zina; Had menuduh orang lain berzina; Had meminum Khamar; Had Mencuri; hukuman Ta’zir; Had Perampok; Murtad.

* Kitab Sumpah dan Nadzar

* Kitab Makanan, Sembelihan, Hewan Buruan.

* Kitab Peradilan dan Kesaksian.

Semua poin fikih dan hukum dalam buku ini, tegak di atas dalil dari al-Qur`an dan as-Sunnah, bahkan semua hadits dan riwayat ditakhrij serta dikukuhkan dengan hukum-hukum Syaikh al-Albani. Buku ini layak menjadi pedoman pribadi dan masyarakat, dan tepat dijadikan sebagai kurikulum pendidikan, bahkan juga kajian non formal.

Additional Info

  • Judul Buku: Fikih Muyassar : Panduan Praktis Fikih Dan Hukum Islam Lengkap Berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah
  • Judul Asli: Al Fiqh Al Muyassar
  • Penulis: Prof.Dr. Abdul Aziz Mabruk Al-Ahmadi,Prof.Dr. Abdul Karim Bin Shunaitan Al-Amri, Prof. Dr. Abdullah Bin Fahd Asy-Syarif, Prof.Dr. Faihan Bin Syali Al-Muthairi
  • Tahqiq/Takhrij: -
  • Ukuran Fisik Buku: Buku Ukuran Sedang 16 x 24.5 cm
  • Format Cover: Hardcover
  • Jumlah Halaman: 676 hlm
  • Penerbit /Publisher: Darul Haq
  • Harga: Rp 135.000 Diskon jadi Rp 108.000 ( Belum Termasuk Ongkos Kirim)
  • Cara Pembelian: Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., sms/WA/Telegram : 08192469-325 , BBM : 5B0FE340 ( Pastikan !! tulis nama & Alamat lengkap )
Read 275 times