• Hotline: (+62) 819.2469.325

Zuhud dan Kelembutan Hati

Written by Syaikh Dr. Ahmad Farid

FAWA zuhudSesungguhnya ilmu tentang pensucian diri dan kelembutan hati dan bersikap zuhud menjadi sebuah keharusan bagi para penuntut ilmu dibandingkan dengan hamba-hamba lain nya seperti butuhnya ikan terhadap air dan butuhnya seluruh makhluk terhadap udara.
Hal tersebut diperlukan untuk memperbaiki hati mereka terlebih dahulu, sebagiamana ungkapan :
” memperbaiki hati untuk ilmu, seperti memperbagus tanah untuk tanaman.”
Sehingga para penuntut ilmu senantiasa memperbaharui taubat mereka kepada Allah - Subhanahu Wa Ta'ala - setiap pagi dan petang. Seperti diungkapkan sebagian ara Salafush Shalih “ barangsiapa tidak bertaubat pada setiap pagi dan petang maka dia termasuk golongan orang-orang yang dzalim.”
Sehingga seorang penuntut ilmu tidak berhenti di tengah jalan hanya karena sebab penyakit yang menimpanya dalam medan pertempuran selama menutut ilmu. Penyakit sombong, angkuh, riya terkadang menjangkiti diri seorang penuntut ilmu yang memiliki kecerdasan dan semangat kesungguhan dalam mencari ilmu syariah. Sungguh sangat berbahaya.
Dikhawatirkan dia akan dibinasakan seperti dalam kisah tiga orang yang pertama di hisab dan dilahap Api neraka.

Sedangkan bersikap zuhud juga sangat diperintahkan oleh Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - , dan sepatutnya seorang penuntut ilmu mempelajari tentang zuhud para Salaf.

Zuhud secara bahasa adalah meninggalkan atau tidak berkeinginan terhadap sesuatu, sedangkan Zuhud menurut pengertian Syar’i dan bermanfaat lagi dicintai oleh Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- dan Rosululloh -Sholallahu Alaihi Wassalam- adalah Zuhud (yakni meninggalkan atau tidak berkeinginan) terhadap sesuatu yang tidak bermanfa'at di akherat atau terhadap sesuatu yang tidak dapat membantunya dalam rangka menta'ati Allah dan Rasul-Nya atau terhadap sesuatu yang memudharatkannya.
Inilah zuhudnya kaum Salaf dari para Shahabat, Taabi'in, Taabi'ut Taabi'in dan seterusnya dari para Imam dan para Ulama Ahlus Sunnah wal Jama'ah.

Para Imam Sunnah telah menulis tentang masalah zuhud ini dalam kitab tersendiri seperti Abdullah bin Mubarak, Ahmad bin Hambal, Waki' bin Jarraah, Ibnu Abi 'Ashim, Abu Dawud, Hannad dan lain-lain banyak sekali –-rahimakumulloh- . Atau mereka memasukannya ke dalam kitab hadits mereka seperti Bukhari -rahimahulloh- di shahihnya, Muslim -rahimahulloh- di shahihnya, Tir-midzi -rahimahulloh- di sunannya, Nasaa-i -rahimahulloh- di sunan kubra, Darimiy -rahimahulloh- di sunannya, Ibnu Majah -rahimahulloh- di sunannya, Hakim -rahimahulloh- di kitabnya al mustadrak dan lain-lain
Adapun bersifat dan bersikap zuhud (yakni meninggalkan atau tidak berkeinginan) terhadap sesuatu yang bermanfa'at di akherat atau yang dapat membantunya dalam rangka menta'ati Allah dan Rasul-Nya adalah merupakan kebodohan dan kesesatan dan tidak termasuk kedalam bagian agama.
Inilah penting nya mempelajari makna zuhud, zuhud yang diajarkan oleh Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam – dan para Salafush Shalih, yang tercantum dalam kitab-kitab hadits shahih.
Supaya tidak terjatuh kepada zuhud yang menyimpang, seperti zuhud nya kaum shufiyyah yang meninggalkan harta dan keluarga, melaparkan dan menyiksa diri dan seterusnya dari apa yang mereka sangka dengan persangkaan yang batil sebagai suatu kezuhudan, padahal pada hakikatnya adalah bid'ah yang mereka telah buat dan masukkan ke dalam Islam.

Zuhud dan Kelembutan Hati
Judul asli : bahrur Ra’iq fi Zuhdi wa Raqa’iq
Penulis : Syaikh Dr, Ahmad Farid
Fisik : Buku Ukuran Sedang 17 x24 cm, hardcover, 592 hlm
Penerbit : Pustaka Khazanah Fawaid
Harga Rp 140.000 diskon jadi Rp 112.000

Additional Info

  • Judul Buku: Zuhud dan Kelembutan Hati
  • Judul Asli: bahrur Ra’iq fi Zuhdi wa Raqa’iq
  • Penulis: -Syaikh Dr, Ahmad Farid
  • Tahqiq/Takhrij: -
  • Ukuran Fisik Buku: Buku Ukuran Sedang 17 x24 cm
  • Format Cover: Hardcover
  • Jumlah Halaman: 592 hlm
  • Penerbit /Publisher: Khazaah Fawaaid
  • Harga: Rp 140.000 diskon jadi Rp 112.000 ( Belum Termasuk Ongkos Kirim)
  • Cara Pembelian: Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., sms/WA/Telegram : 08192469-325 , BBM : 5B0FE340 ( Pastikan !! tulis nama & Alamat lengkap )
Read 204 times