• Hotline: (+62) 819.2469.325

Kupas Tuntas 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari ( lebih Lengkap )

Written by Kupas Tuntas 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari ( lebih Lengkap )

TAR 1000 amalan sunnah     Sesungguhnya, hal terpenting bagi seorang Muslim dalam kehidupan sehari-hari adalah mengamalkan sunnah Rasulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - dalam seluruh tindak-tanduk, perkataan dan perbuatannya sehingga seluruh kehidupannya diwarnai oleh sunnah Rasulullah sepanjang pagi hingga sore.
Dzun Nun al-Mishri berkata: "Salah satu tanda kecintaan seseorang kepada Allah - Subhanahu Wa Ta'ala - adalah mutaba'ah (mengikuti) kekasih-Nya dalam akhlak, perbuatan, perintah dan sunnah-sunnahnya."

Al-Hasan al-Bashri berkata: "Tanda-tanda kecintaan mereka kepada Allah adalah dengan mengikuti sunnah Rasul-Nya."
Allah - Subhanahu Wa Ta'ala - berfirman:
"Katakanlah(Muhammad): Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.Allah Maha Pengampun Maha Penyayang. " (QS. Ali 'Imran: 3 1)

Sesungguhnya, tinggi rendahnya kedudukan seorang Mukmin diukur dengan kekuatan ittiba (mengikuti) sunnah Rasul. Artinya, makin banyak sunnah yang ia jalankan maka semakin tinggi dan terhormat pula kedudukannya di sisi Allah - Subhanahu Wa Ta'ala –

Buku ini ini dalam rangka menghidupkan kembali sunnah-sunnah Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - dalam praktik keseharian kaum Muslimin, baik yang berkaitan dengan ibadahnya, tidur, makan, minum, etika bergaul dengan sesama, cara bersuci, keluar masuk (rumah dan masjid), berpakaian, dan seluruh tingkah lakunya.

Renungkanlah! Bagaimana seandainya salah seorang di antara kita mehgalami musibah berupa kehilangan harta? Pastilah dia akan begitu peduli, bersedih, dan bersungguh-sungguh mencarinya sampai ia mendapatkannya kembali.
Namun sayang sekali, betapa banyak sunnah yang hilang dalam hidup kita. Apakah kita bersedih atasnya dan berusaha mempraktikkannya dalam kehidupan nyata kita?

Sungguh, pengagungan terhadap materi melebihi pengagungan terhadap sunnah merupakan musibah yang melanda kehidupan kita sekarang ini. Jika dikatakan kepada seseorang: "Barang siapa menerapkan satu sunnah, maka ia akan mendapatkan uang," tentulah ia akan semangat mempraktikkannya dalam seluruh kehidupannya dari pagi hingga sore hari. Karena dibalik itu semua ada keuntungan yang akan diperoleh, yaitu uang pada setiap sunnah yang dipraktikkan. Padahal harta tidaklah bermanfaat lagi ketika tubuh Anda diletakkan dalam kuburan dan tanah ditaburkan di atasnya.

Allah Ta'ala berfirman:
"Sedangkan kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan dunia, padahal kehidupan akhirat itu lehih baik dan lebih kekal. " (QS. Al-A'laa: 16-17)

Pengertian Sunnah yang dimaksud adalah perbuatan yang jika dilakukan akan mendapatkan anjaran (pahala) dan jika ditinggalkan tidak mengakibatkan dosa. Lebih jauh lagi, sunnah-sunnah tersebut adalah yang berulang kali dilakukan dalam sehari semalam dan yang dapat kita lakukan sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Jika seorang Muslim bersungguh-sungguh menerapkan seribu sunnah dalam sehari semalam, maka otomatis dalam satu bulan dia sudah menerapkan tiga puluh ribu sunnah. Maka, bayangkanlah orang-orang yang tidak mengetahui (jahil) terhadap sunnah-sunnah Rosulullah - Sholallahu Alaihi Wassalam - atau orang yang mengetahuinya namun tidak mengamalkannya, berapa banyak kedudukan (di sisi Allah) dan kebaikan yang hilang dari dirinya, dan sungguh, dia benar-benar termasuk golongan yang merugi.

diantara Faedah Bersungguh-sungguh Menerapkan Sunnah

a. Dengan menerapkan sunnah kita akan sampai kepada derajat al-Mahabbah (kecintaan) Allah kepada hamba-Nya yang Mukmin.

b. Sebagai pelengkap kekurangan dari pelaksanaan ibadah yang wajib.

c. Mencegah agar tidak jatuh ke dalam bid'ah.

d. Sebagai bagian dari pengagungan syi'ar-syi'ar agama Allah.

Wahai kaum Muslimin, hidupkanlah sunnah Rasulullah dalam realita kehidupanmu. Karena, siapakah yang akan menerapkan sunnah-sunnah Nabi jika bukan ummat Islam?. Oleh sebab itu, merealisasikan sunnah-sunnah tersebut dalam kehidupan sehari-hari merupakan tanda dari kecintaan yang sempurna dan sebagai tanda mutaba'ah yang sebenarnya kepada Rasulullah.

 

Kupas Tuntas 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari ( lebih Lengkap )
Penulis : Khalid Al Husainan
Disertai pe njelsannya oleh :
Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz
Syaikh Muhammad nashiruddin Al Albani
Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin

penerbit ; Media Tarbiyah

 

 

Additional Info

  • Judul Buku: Kupas Tuntas 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari
  • Judul Asli: -
  • Penulis: Khalid Al Husainan
  • Tahqiq/Takhrij: -
  • Ukuran Fisik Buku: Buku Ukuran Sedang
  • Format Cover: Hardcover
  • Jumlah Halaman: _
  • Penerbit /Publisher: Media tarbiyah
  • Harga: Rp 50.000 diskon jadi Rp 40.000 ( Belum Termasuk Ongkos Kirim)
  • Cara Pembelian: Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., sms/WA/Telegram : 08192469-325 ( Pastikan !! tulis nama & Alamat lengkap )
Read 973 times