• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Griya Ilmu Fatwa-fatwa Pilihan Syaikhul islam Ibnu Taimiyah  Penulis : Syaikh Alawi bin Abdul Qodir As Saqaf, halaman Penerbit : Griya Ilmu .. Product #: GRI-0036 Regular price: Rp 85.000 Rp 85.000

Fatwa-fatwa Pilihan Syaikhul islam Ibnu Taimiyah

Harga: Rp 85.000  Rp 68.000

- +

Sungguh kitab-kitab karya Syaikhul Islam Taqiyuddin Ahmad bin Abdul Halim bin Taimiyah -rahimahulloh- Memiliki pembahasan yang bersifat menyeluruh (komprehensif) dan merangkum berbagai persoalan. la merangkum semua disiplin ilmu yang bermanfaat, ilmu-ilmu yang shahih (benar), pokok-pokok ilmu dan cabang-cabangnya, ilmu yang berkaitan dengan wahyu maupun akal, akhlak, adab-adab yang lahir maupun batin, mengumpulkan antara tujuan pokok dan sarananya, antara masalah dan dalilnya, antara hukum dan hikmah serta rahasianya, antara pengukuhan madzhab yang haq dan bantahan terhadap semua madzhab yang batil. Memiliki keistimewaan atas semua tulisan-tulisan lainnya dari segi keluasan ilmunya, kedalamannya, kekuatannya, keunikannya, dan ketelitiannya. Sehingga siapa pun yang telah menelaahnya, lalu menelaah kitab-kitab lainnya, akan memastikan bahwa kitab-kitab karya beliau -rahimahulloh- pasti memiliki keunikan tersendiri.
Karya-karya beliau memiliki kandungan materi yang padat, pembahasan yang luas, metodologi yang tepat, penyampaian yang mudah, penyajian yang menarik, keterangan yang mudah dicerna, ungkapan yang jelas, dan argumen yang kuat. Faidah-faidahnya bisa diraih tanpa susah payah, tidak perlu memeras otak, dan tak harus membebani pikiran. Barang siapa membuka lembaran-lembarannya, niscaya akan didapati karya-karya itu sarat dengan pasal-pasal pembahasan, dan memuat berbagai disiplin ilmu. la merangkum berbagai faidah yang berserakan, masalah-masalah beragam, mencakup pokok-pokok ilmu dan meliputi cabang-cabangnya, memungkas persoalan-persoalan yang jarang diungkap, serta segala masalah yang rumit lagi unik.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah -rahimahulloh- adalah ahli ilmu pada umat-nya, imam di masanya, dan ilmuwan terkemuka pada zamannya. Beliau adalah samudera ilmu yang berharga, purnama para ulama yang terang, bintang mereka yang berkilau, panduan mereka yang gemerlap, sumber rujukan berbagai kemusykilan, sinarnya dijadikan penerang dalam kerumitan, menjadi tujuan perjalanan para penuntut ilmu, terminal akhir dalam rute transportasi ilmiyah, dan didatangi para pengunjung dari segala pelosok negeri.
Beliau -rahimahulloh- samudera yang sangat luas, dengan kedalaman yang luar biasa, Manusia sangat tahu tentang sejarah dan para tokohnya, tentang aliran-aliran dan sekte-sektenya. Apabila beliau berbicara dalam salah satu disipiin ilmu, niscaya engkau akan mengatakan, 'Beliau adalah manusia paling ahli dalam disiplin ilmu itu'. Kitab-kitab beliau tak pernah sepi dari satu pun cabang ilmu agama, bahkan juga berbagai macam ilmu dunia.
Sebagian besar kitab-kitab beliau -walhamdulillah- telah dicetak hingga mencapai lebih dari seratus jilid. di antara ulama yang paling masyhur dalam meringkas dan mengintisarikan faidah-faidah dan masalah-masalah di kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, adalah dua ulama terkemuka, masing-masing mereka adalah ahli ilmu di zamannya. Adapun yang pertama adalah Al-Imam Al-Mujaddid Muhammad bin Abdul Wahhab -rahimahulloh- . Sedangkan yang kedua adalah Al-Allamah Abdurrahman bin Nashir As-Sa'diy -rahimahulloh-
Ini;lah terjemah kitab Kitab Al-Muntakhab min Kutub Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah,
Yang mengintisarikan 160 masalah pilihan di dalamnya, yang terdiri dari sejumlah faidah dan hal-hal yang menarik lagi unik lainnya, disarikan dari sebagian besar kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah yang telah dicetak, khususnya kitab Majmu Al-Fatawa. Kandungan kitab ini hampir-hampir tidak ditemukan pada dua kitab yang disebutkan di atas kecuali beberapa persoalan saja.
Kitab ini terbagi dalam lima pembahasan:
Bagian pertama, tauhid dan aqidah.
Bagian kedua, ilmu, jihad, dan politik syar'i.
Bagian ketiga, khilaf, pengingkaran, kelompok terpuji dan tercela, bid'ah, mashlahat, mafsadat (kerusakan), dan inshaf (obyektifitas).
Bagian keempat, masalah-masalah ushul (pokok) dalam berpe-gang kepada As-Sunnah, meninggalkan bid'ah dan taklid, berkelom-pok, dan selain itu.
Bagian kelima, masalah-masalah yang beragam.
Tema-tema yang dikumpulkan adalah, "Masalah-masalah yang terkadang luput dari perhatian penuntut ilmu, baik dari segi ilmiah maupun amaliah (terapan), dan masalah-masalah penting bagi ahli ilmu, da'i, maupun pembimbing, khususnya pada saat ini di mana dominasi hawa nafsu dan beragam fitnah cukup terasa, serta masalah-masalah beragam lainnya.

Fatwa-fatwa Pilihan Syaikhul islam Ibnu Taimiyah
Judul asli : Al Muntakhab min Kitab Syaikhul islam Ibn taimiyyah
Penulis : Syaikh Alawi bin Abdul Qodir As Saqaf
Fisik : buku ukuran sedang, hardcover, 380 halaman
Penerbit : Griya Ilmu

Detail Info Buku
Bahasa indonesia
Format Cover hardcover
Judul Asli Al Muntakhab min Kitab Syaikhul islam Ibn taimiyyah
Judul Buku Fatwa-fatwa Pilihan Syaikhul islam Ibnu Taimiyah
Jumlah Halaman 396 hlm
Penerbit / Publisher Griya Ilmu
Penulis Syaikh Al Habib Alawi bin Abdul Qodir As Saqaf
Ukuran Fisik Buku 15.5 x 24 cm