• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Griya Ilmu Kumpulan Adab Islami Penulis: Fu'ad bin abdul Aziz Asy Syalhub , Penerbit: Griya Ilmu .. Product #: GRI-0008 Regular price: Rp 115.000 Rp 115.000

Kumpulan Adab Islami

Harga: Rp 115.000  Rp 92.000

- +

Sesungguhnya di antara nikmat Alloh Azza wa Jalla kepada kita yaitu bahwa Dia telah menyempumakan agama Islam ini bagi kita, kemudian menyempurnakan nikmat tersebut atas kita. Allah juga telah mengutus seorang Rasul yang sangat pengasih kepada umatnya. Tidak ada satu pun kebaikan melainkan beliau telah menjelaskannya, dan tidak ada satu pun keburukan melainkan beliau telah memperingatkan kita dnrinya. Shalawat Allah dan salam-Nya tercurah kepada beliau hingga hari kiamat.
Dan, Sesungguhnya dari seluruh kebaikan yang ditunjukkan kepada kita serta keburukan yang kita telah diperingatkan darinya, berupa sejumlah adab (etika) yang meliputi sebagian besar dari perkara-perkara agama maupun dunia, maka perkara-perkara ibadah memiliki adab, begitu pula dalam pergaulan manusia dengan sesamanya, dengan keluarganya, ataupun dengan anak-anaknya.
Di antara adab-adab tersebut ada yang mustahab (sunnah) dan makruh, ada yang diwajibkan dan diharamkan, dan ada pula yang (dibolehkan). Semuanya akan semakin jelas ketika membaca adab-adab tersebut.
Imam Muhammad bin Sirrin -rahimahullah- berkata,
" Para Salaf mempelajari adab sebagaimana mereka mempelajari ilmu."[lihat : Tadzkiratuus Saami wal Mutakallim hal 2].
Abu Bakar Al Mithwai -rahimahullah- berkata,
" Aku bolak balik dalam majelis Abu Abdillah {yakni Imam Ahmad bin Hambal -rahimahullah- red} selama sepuluh tahun.Beliau membacakan kitab Al Musnad kepada anak-anaknya.Aku tidak menulis satupun hadits darinya.Aku hanya melihat adab dan akhlaq beliau." {lihat: Siyar Alam An Nubala XI /316}.
Imam Adz Dzahabi -rahimahullah- berkata,
"bahwasanya majelis Imam Ahmad dihadiri sekitar lima ribuan orang. Lima ratus diantaranya mencatat (hadits), sedangkan selebihnya mengambil manfaat dari perilaku,akhlaq dan adab beliau."[ {lihat: Siyar Alam An Nubala XI /316}.
Imam Ibnul Mubarak -rahimahullah- berkata,
"Aku mempelajari adab 30 tahun, dan aku mempelajari ilmu selama 20 tahun. Adalah para Salaf, mempelajari adab, baru kemudian mempelajari ilmu."
Ketahuilah, Sesungguhnya Alloh Azza wa Jalla telah menetapkan syariat bagi hambaNya, jika mereka mengamalkan syariat tersebut niscaya akan baik kehidupan dunianya dan dikaherat kelak dia termasuk orang-orang yang beruntung.
Seluruh syariat Islam baik itu perkara wajib, sunnah dan lainnya bertujuan untuk beribadah kepada Alloh Azza wa Jalla . maka dari itu barangsiapa yang menjadikan seluruh kehidupannya malam maupun siangnya, tidur atau terjaganya,safar maupun mukimnya, sehat maupun sakitnya serta seluruh keadaan bersesuaian dengan keadaan Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam maka dia telah beradab dengan adab Islami.
Bahwasanya Seorang Muslim haruslah beradab dengan adab Islami, yakni dengan melaksanakan seluruh perintahNya baik yang wajib maupun yang sunnah, dan meninggalkan seluruh laranganNya baik yang haram maupun makruh. Adapun dalam perkara yang mubah, yang paling sempurna adalah yang dipilih oleh Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam
Para ulama baik dari generasi salaf (tcrdahulu) maupun generasi khalaf (sekarang) tidak meninggalkan pembahasan ini dengan tanpa karangan berupa tulisan, bahkan telah banyak risalah-risalah dan juga kitab-kitab ilmiah yang ditulis tentang hal tersebut yang tidak terkira jumlahnya. Kita sebut saja beberapa yang paling populer di antara kitab-kitab tersebut adalah kitab Zadul Ma'ad karya al-Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Adabusy Syar'iyyah karya Ibnu Muflih, Ghadza al-Albab karya as-Safaraini, dan kitab-kitab lainnya dari karya para ulama. Inilah Kitab yang meringkas perkataan-perkataan mereka, lalu menjabarkannya dengan metode yang mudah difahami dan tidak berpanjang-lebar, kecuali jika pembahasannya mengharuskan demikian. Inilah kitab yang membahas adab-adab di dalam Islam

 

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover hardcover
Judul Asli Kitabul Adab
Judul Buku Kumpulan Adab Islami
Jumlah Halaman 508 hlm
Penerbit / Publisher Griya Ilmu
Penulis Syaikh Fuad bin Abdul Aziz Asy Syalhub
Ukuran Fisik Buku 15.5 x 24 cm