• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Pustaka As-Sunnah Ensiklopedi Fatwa Ramadhan Penulis : Syaikh Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Al Maqshud, Penerbit : Pustaka Sunnah .. Product #: ASN-00031 Regular price: Rp 210.000 Rp 210.000

Ensiklopedi Fatwa Ramadhan

Harga: Rp 210.000  Rp 168.000

- +

Alloh Azza wa Jalla berfirman, artinya:
" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". (QS.al-Baqarah:183)
Dari Abu Hurairah -rodliallohu anhu- bahwa Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda: "setiap amalan anak Adam untuknya, satu kebaikan dibalas dengan 10 (sepuluh) sampai 700 (tujuh ratus) kali kebaikan. Allah berfirman: " kecuali puasa, karena dia untuk-Ku (Allah) dan Aku yang akan membalasnya " [Al Bukhari (1894) dan Muslim (1151)]
Berkata Abu 'Ubaid -rahimahullah- : "Sebenarnya Allah mengkhususkan puasa untukNya, Dia yang membalasnya. Dan saat seluruh amal kebaikan untukNya, maka Dia akan membalas dengan kebaikan itu; karena puasa tidak terlihat dari anak Adam dari lisan dan perbuatan yang terlihat terjaga tetapi dia adalah niat dalam hati dan menahan makan dan minum. Allah berfirman: "dan Aku bertanggung jawab atas balasannya berdasarkan kelipatan yang Aku inginkan, dan tidak ada ketentuan di dalamnya"
Dan kedudukan perkara ini cukup menunjukkan kemulian dan keutamaannya (puasa).
Ketika seorang yang beriman berpuasa tahu bahwa ridha Tuhannya dalam meninggalkan dorongan syahwatnya, (berarti) dia mendahulukan ridha Tuhannya atas hawa nafsunya, maka pada dasarnya dia telah meninggalkan syahwat karena Allah; karena keimanannya kepada pegawasan Allah terhadapnya. Pahala dan hukuman untuknya lebih besar dari kenikmatan melampiaskan syahwatnya saat sunyi; karena lebih mengutamakan ridha Rabb nya dari hawa nafsunya. Bahkan orang yang beriman lebih membenci melakukan hal dimaksud dari kebencian merasakan sakit bekas dipukul. Oleh karena itu sebagian besar orang yang beriman ketika diancam dibunuh agar membatalkan puasa di bulan Ramadhan tanpa sebab maka akan (menolak) melakukan; karena dia tahu murka Allah bagi yang membatalkan puasa di bulan ini (Ramadhan).
Dan ini merupakan tanda-tanda keimanan: jika seorang yang beriman membenci apapun syahwat yang memanjakannya apabila dia tahu bahwa Alloh Azza wa Jalla membenci itu, maka jadilah kenikmatannya ada di setiap yang ridha walaupun menyelisihi hawa nafsunya dan rasa sakitnya ada di setiap yang Tuannya benci walaupun sesuai hawa nafsunya.." [Lathaaif al ma'aarif hal. 288]
Dan merupakan tanda-tanda keimanan juga seorang yang beriman menginginkan untuk beribadah sebaik-baiknya. untuk Tuhannya dengan menunaikan ibadah dengan sempurna dari sisi rukun, syarat, kewajiban, sunah dan menjauhi segala sesuatu yang merusak dan membatalkan ibadah serta mengurangi pahalanya.
Sangat disesalkan apabila kita melihat kebodohan terhadap hukum-puasa yang sudah menyebar luas di antara sebagian besar kaum muslimin.
Kita melihat sebagian mereka melakukan perbuatan yang Membatalkan puasa dan mereka tidak mengetahui.
Dan sebagian lain berkeyakinan bahwa puasa hanya menahan makan, minum,dan bersetubuh saja.
Dan kelompok lain tidak tahu keringanan yang diberikan oleh Alloh Azza wa Jalla kepada orang-orang yang berpuasa, (Dia) menghapus kesulitan untuk mereka. Lalu mereka mempersulit diri mereka sendiri dan mengingkari penggunaan keringanan yang diberikan Alloh Azza wa Jalla - innaa lillaahi ma innaa ilaihi raji'uun-
Dari sini, adalah penting untuk menengahkan kepada kaum muslim hukum-hukum puasa yang sederhana dan terperinci memuat perkara-perkara penting yang wajib diperhatikan.
Inilah buku yang mengumpulkan fatwa-fatwa bermanfaat ini dari buku-buku pedoman/rujukan dan tulisan-tulisan berkenaan hukum-hukum puasa dan yang berkaitan dengan pembahasan bulan mulia (Ramadhan) mulai dari puasa, sholat, 'itikaf, zakat fitri dan hal-hal lain yang mesti diketahui oleh orang yang berpuasa.
Disusun dalam 4 (empat) bab:
I: Fatwa-fatwa dan hukum-hukum puasa
II: Fatwa-fatwa sholat dan tarawih
III: Fatwa-fatwa Itikaf dan Lailatul Qodr
IV: fatwa-fatwa Zakat Fitri

Materi kajian 'ilmiyah untuk kumpulan fatwa-fatwa puasa diambil dari buku-buku referensi sebagai berikut:
1. Syaikh al islam Ahmad bin Taimiyah -rahimahullah-
Majmu' Fatawa Syaikh al Islam Ibnu Taimiyah, juz 25, penerbit: Dar' Alam al Kutub, Riyadh

2. Al 'Alamah al Syaikh Abdullah bin Abdul al Rahman Abu Buthain -rahimahullah-
Al Durar al Saniyah fii al Ajwibah al Najdiyah, pengumpul dan penyusun: Abdul al Rahman Qasim, juz 5, penerbit: Dar al 'Ashimah.

3. Samahatu al Syaikh Muhammad bin Ibrahim Ali al Syaikh -rahimahullah-
Majmu' Fatawa wa Rasail Samahatu al Syaikh Muhammad bin Ibrahim, dikumpulkan, disusun dan ditahqiq oleh: Muhammad bin Abdu al Rahman Qasim, cetakan ke-1 penerbit: al Hukumiyah di Makkah al Mukarramah 1399 H.

4. Al 'Alamah al Syaikh Abdu al Rahman bin Nashir al Sa'dy -rahimahullah-
a. Al Fatawa al Sa'diyah, cetakan ke-2 1402 H, penerbit: Maktabah al Ma'arif di Riyadh.
b. Al Irsyad ilaa Ma'rifati al Ahkam, penerbit: maktabah al Ma'arif di Riyadh.

5. Samahatu al Syaikh Abdu al 'Aziiz bin Baz -rahimahullah-
a. Al Fatawa li Ibnu Baz Kitab al Da'wah, juz 1, cetakan 1414 H.
b. Majmu' Fatawa Samahatu al Syaikh Abdu al 'Aziz bin Baz, juz 3 - 4, penyusun: Abdullah al Thayyar dan al Syaikh Ahmad bin Abdu al 'Aziz bin Baz, penerbit: Dar al Wathan 1416 H.
c. Tuhfatu al Ikhwan bi Ajwibah Muhimtnah Tata'alaqu bi Arkan al Islam li al Syaikh Ibnu Baz, penerbit: Dar al Faaiziin 1415 H.

6. Fadhilatu al Syaikh Muhammad Shalih al 'Utsaimin -rahimahullah-
a. Al Fatawa li Ibnu 'Utsaimin Kitab al Da'wah, juz 1 1414 H.
b. Fatawa al Syaikh Muhammad al Shalih al 'Utsaimin 1/2, penyusun: Asyraf bin Abdu al Maqshud, penerbit: Dar 'Alam al Kutub di Riyadh, cetakan ke-2 1411 H.
c. Asilah wa Ajwibah barnamij: Fiqh al 'Ibadah li Ibnu 'Utsaimin, penerbit: Maktabah al Imam al Bukhari di al Ismailiyah.

7. Fadhilatu al Syaikh Sholih al Fauzan -hafidhahulloh-
a. Fatawa Nurun 'Ala al Darbi li al Syaikh Sholih bin Fauzan, penyusun: Faiz Musa Abu Syaikhah, penerbit: Maktabah Ibnu Taimiyah di Kuwait.
b. Al Fatawa Kitab al Da'wah li Ibnu Fauzan, juz 1 & 2, 1414 H.
c. Al Muntaqa Min Fatawa Fadhilatu al Syaikh Sholih bin Fauzan bin Abdullah al Fauzan, juz 3, penerbit: Maktabah al Ghuroba al Atsariyah 1417 H dan Dar al Hijrah 1414 H.

8. Fadhilatu al Syaikh Abdullah bin Jibrin -rahimahullah-
a. Fatawa al Shiyam, dijawab oleh Fadhilatu al Syaikh Abdullah bin Abdu al Rahman al Jibrin, penyusun: Rasyid bin 'Utsman bin Ahmad al Zahrany, penerbit: Dar al Shomi'y 1415 H.
b. Artikel di koran dan majalah

9. Al Lajnah al Daimah li al Buhuts al 'Ilmiyah wa al Ifta' (Majlis Tetap Penelitian dan Fatwa):
Fatawa al Lajnah al Daimah li al Buhuts al 'Ilmiyah wa al Ifta', penyusun: Ahmad Abdu al Razaq al Duwaisy, jilid 10, penerbit: Dar al 'Ashimah di Riyadh 1418 H.

Ensiklopedi Fatwa Ramadhan
Penulis : Syaikh Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Al Maqshud
Fisik : buku ukuran sedang 12x21 cm, Hardcover, 896 hal
Penerbit : Pustaka As Sunnah

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Hardcover
Judul Buku Ensiklopedi Fatwa Ramadhan
Jumlah Halaman 896 hlm
Penerbit / Publisher Pustaka As Sunnah
Penyusun Syaikh Abu Muhammad Asyraf bin Abdul Al Maqshud
Ukuran Fisik Buku Buku Ukuran Sedang 16 x 24.5 cm