• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Pustaka As-Sunnah Ensiklopedi Hadits Qudsi dan Penjelasannya Penulis : Imam An Nawawi dan Imam Al Qoshtalani -rahimakumullah- ; Penerbit : Pustaka Sunnah .. Product #: ASN-00007 Regular price: Rp 235.500 Rp 235.500

Ensiklopedi Hadits Qudsi dan Penjelasannya

Harga: Rp 235.500  Rp 188.000

- +

       Sebagian orang mungkin belum familiar dengan istilah hadits qudsi. Mereka lebih mengenal istilah hadits Nabi. Memang, ada sedikit perbedaan antara hadits qudsi dan hadits Nabi yang lainnya. Namun keduanya sama-sama berasal dari redaksi yang disampaikan oleh Rasulullah -Sholallahu Alaihi Wassalam- . Bedanya, hadits Nabi adalah hadits yang redaksi dan maknanya bersumber dari Rasulullah, sedangkan hadits qudsi adalah hadits yang maknanya bersumber dari Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- meskipun dari segi redaksi berasal dari Rasulullah.
     Jika demikian, lalu apa bedanya antara hadits qudsi dengan al-Qur-an? Jelas beda. Al-Quran adalah Kitab suci yang diturunkan oleh Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- kepada Rasul-Nya, Muhammad -Sholallahu Alaihi Wassalam- melalui Malaikat Jibril dengan jalur transmisi yang mutawatir, sebagai mukjizat, dan bernilai ibadah bagi yang membacanya. Sedangkan hadits qudsi tidak memiliki sifat-sifat tersebut. Singkatnya, al-Qur’an berisi firman Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- yang makna dan redaksinya bersumber dari Allah, sementara hadits qudsi, maknanya bersumber dari Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- sedangkan redaksinya bersumber dari Rasulullah -Sholallahu Alaihi Wassalam- .
     Adapun dari segi standarisasi keshahihan, antara hadits qudsi dan hadits-hadits Nabi lainnya adalah sama. Berbeda dengan al-Qur’an yang tingkat otentisitasnya tidak ada yang meragukannya. Karenanya, di antara hadits qudsi terdapat hadits dengan riwayat yang shahih, riwayat yang hasan, riwayat yang dhaif(lemah), bahkan riwayat yang maudhu' (palsu). Hal yang sama ditemukan juga pada hadits-hadits Nabi lainnya. Oleh sebab itu, upaya para ulama untuk membuat kodifikasi hadits-hadits qudsi yang shahih perlu diapresiasi.
Buku ini salah satu bukti dari upaya tersebut. Buku yang dalam edisi Arabnya berjudul al-Ahaadiitsul qudsiyyah ash-Shahiihah ini mengumpulkan hadits-hadits qudsi yang berkualitas shahih berikut syarahnya. Syaikh Zakariyya 'Umairat, penulis buku ini, telah berandil besar dalam menyajikan buku ini secara tematik dan penjelasannya disampaikan secara analitik bergaya dakwah. Sehingga apabila kita membacanya, jiwa kita akan ikut hanyut dan hati kita tersentuh dengan pesan-pesan moral yang terkandung di dalamnya untuk kemudian termotivasi untuk mengamalkannya.
     Perlu digarisbawahi bahwa kandungan hadits qudsi berbeda dengan kandungan-kandungan hadits Nabi lainnya. Hadits qudsi memiliki keistimewaan tersendiri. Maknanya yang berasal dari Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- menjadikan hadits qudsi ini samudera ilmu pengetahuan yang dihamparkan oleh Rabb semesta alam untuk mengisi ruang-ruang hati manusia agar terhindar dari gejolak hawa nafsu yang membawa penyesalan dan kehinaaan di dunia dan di akhirat. Karenanya, kita jarang sekali menemukan permasalahan fiqih dan hukum syari'at dibahas secara rinci dalam buku ini.
      Tema buku Meliputi masalah tauhid dan keimanan, ibadah, makanan dan minuman, sumpah dan nadzar, hakikat harta benda, berinfak, bertaubat, dan berdakwah. Selain itu, dibahas pula mengenai perbuatan baik dan buruk, perbuatan zhalim, peperangan, pertumpahan darah, hari Kiamat, dan kematian. Ada pula pembahasan seputar tafsir al-Quran, kisah, dan keutamaan-keutamaan para Nabi. Di samping pembahasan-pembahasan lainnya.
Semuanya dijabarkan oleh penulis dengan mencantumkan sub-sub pembahasan. Dan di setiap sub pembahasan disertakan beberapa hadits yang mendukungnya. Selain itu, penulis juga mencantumkan kosa kata untuk kata-kata yang sulit dipahami dari hadits qudsi yang dicantumkannya. Kemudian ia menguraikan maknanya sehingga kandungannya dapat dihayati dan diamalkan oleh orang yang mem-bacanya. Dan inilah salah satu yang menjadikan buku ini menarik untuk disimak, karena penulis secara langsung mengkategorikan hadits-hadits qudsi yang dicantumkannya sesuai dengan temanya sekaligus mensyarahinya.
      Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa buku ini merupakan bimbingan rohani bagi setiap manusia dari Rabb Yang Mahamulia, setelah al-Qur-an. Tatkala membaca buku syarah shahih hadits qudsi ini, seolah-olah kita sedang menyimak dialog antara Rabb dengan makhluk-Nya. Dan apabila kita menghayati dan meresapinya, tentu
kita akan merasa bagian dari orang yang dimaksud di dalamnya. Dengan demikian, kita akan merasa rindu untuk terus-menerus berharap ridha-Nya, merasa takut akan ancaman dan siksa-Nya, dan merasa resah jika ditinggalkan-Nya.

Buku ini memuat 400 hadits qudsi yang diambil dari tujuh kitab hadits yaitu : Al Muwatho malik, Shahih Al Bukhari, Shahih Muslim, Jami' At Tirmidzi, Sunan Abu Daud, Sunan Ibnu Majah, Sunan An Nasai. Jumlah yang relatif banyak ini disebabkan oleh beberapa hadits yang kandungan dan isinya sama namun perawi dan redaksinya berbeda, hal ini sangat bermanfaat bagi para penuntut ilmu hadits.
Syarah hadits qudsi dalam kitab ini diambil dari Syarah Al Allamah Al Qathalani untuk kitab Shahih Al Bukhari , para ahli Hadits di zamannya telah merestuinya juga orang-orang yang datang setelahnya., dan Syarah Al Imam An Nawawi untuk kitab Shahih Muslim, karena setiap ucapan beliau menjadi dasar para ulama setelahnya, menjadi referensi bagi penulis buku.maka menjadi hujjah kuat yang mampu membungkam para lawannya.

 

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Hardcover
Judul Asli Al Hadits Al Qudsiyyah
Judul Buku Ensiklopedi Hadits Qudsi dan Penjelasannya
Jumlah Halaman 920 hlm
Penerbit / Publisher Pustaka As Sunnah
Penulis Imam An Nawawi dan Imam Al Qoshtalani -rahimakumullah-
Ukuran Fisik Buku Buku ukuran sedang 15x23 cm