• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Pustaka Imam Syafii Fitnah Akhir Zaman Penulis : Dr Muhammad bin Abdul Wahab Al Aqil ; Penerbit : Pustaka Imam Syafii .. Product #: PIS-00075 Regular price: Rp 60.000 Rp 60.000

Fitnah Akhir Zaman : Menyikapi Huru-Hara dan Kekacauan di Akhir Zaman

Harga: Rp 60.000  Rp 48.000

- +

Di antara kesempurnaan rahmat Alloh Subhanahu Wa Ta'ala  bagi hamba-Nya adalah Dia telah mensyari'atkan bagi mereka sesuatu yang dapat memperbaiki urusan mereka dalam segala kondisi, suka maupun duka, dalam keadaan penuh semangat maupun benci, dalam situasi aman maupun mencekam dan dalam kondisi bersatu maupun ketika berbecah-belah. Di antaranya adalah nash-nash yang terdapat dalam al-Qur-an dan sunnah yang menjelaskan kepada seorang Muslim jalan yang benar yang harus ditempuhnya ketika terjadi fitnah dan kondisi sulit, agar dia bisa selamat dan kaum Muslimin lainnya pun ikui selamat bersamanya.
Telah dimaklumi bahwa zaman fitnah—kami berlindung kepada Allah darinya—adalah suatu zaman yang ketika itu akal orang-orang yang berakal bertindak ceroboh dan kebijaksanaan orang-orang bijak menjadi sirna, dikarenakan oleh begltu kuatnya syubhat-syubhat yang bermunculan banyaknya orang-orang yang terjerumus, bercampurnya kebenaran dengan kebathilan hingga keduanya susah dlbedakan.
Ketika ini terjadi, yang selamat hanyalah orang yang memang telah dipilih oleh Allah dan dianugerahi keteguhan dalam memegang nash-nash muhkam (tegas) dari Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya  dan menjadikan keduanya sebagai sumber dalam memahami nash yang mutasyaabib. Juga menjadi¬kan kebenaran sebagai tujuan utama di dalam hidupnya dan lebih mengutamakan ridha Alloh Subhanahu Wa Ta'ala  di atas keridhaan manusia.
Telah dimaklumi bahwa mencari akar permasalahan fitnah berdasarkan manhaj ulama Salaf adalah suatu hal yang sangat penting, terutama di zaman sekarang mi, di mana fitnah-fitnah telah bermunculan di setiap tempat. Ummat-ummat lain telah mengeroyok ummat Islam dan banyak orang yang terjerumus ke dalam urusan fitnah. Sebagian pemuda yang sedang menuntut ilmu dibuat bingung oleh urusan fitnah dan tidak tahu cara agar terbebas darinya. Terlebih lagi, adanya beberapa alternatif solusi yang saling bertentangan yang mereka lihat dari sebagian penulis buku dan orang-orang yang mengaku sebagai da'i.
Oleh karena itulah, buku berusaha membahas masalah ini dengan berpedoman kepada Kitabullah dan sunnah Rasulullah , dan dengan pemahaman para Salafush Shalih mengenai hal itu. Penulis menyebutkan sikap mereka terhadap fitnah tersebut, agar seorang penuntut ilmu bisa menjadikan mereka sebagai tuntunan dan panutan hingga dia selamat, sebagaimana mereka telah selamat, dengan izin Allah.

Metodologi Pembahasan
Dalam pembahasan ini, penulis berusaha mencari akar permasalahan yang berkaitan dengan masalah fitnah dari Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya , di samping mengambil faedah dari pendapat para Salafush Shalih mengenai per¬masalahan ini.
Sedangkan beberapa urusan yang terjadi pada zaman sekarang ini dan tidak pernah terjadi pada zaman salafush shalih, penulis berusaha menganalogikannya dengan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi, disertai nukilan komentar para ulama Ahlus sunnah dan para ulama yang menisbatkan dirinya kepada madzhab Salaf pada yang ada sekarang. Karena itulah, penulis menukil beberapa fatwa dan para imam dakwah salafiyah dan dari majelis ulama yang ada di negeri Arab Saudi, agar permasalahannya menjadi jelas dan pembaca menjadi lebih yakin terhadap agamanya.

Pembahasan buku ini terdiri dari: muqaddimah, tiga bab, penutup dan indeks.
1.   Muqaddimah.


Meliputl pembahasan mengenai urgensi tema, kebutuhan ummat untuk mengetahulnya, slstematika pembahasan dan metodologi penulis di dalamnya.


2.   Bab Pertama.
Meliputi pembahasan mengenai fitnah dan beberapa hal mendasar yang terkait dengannya, Pasal ini terbagi kepada empat pembahasan, yaitu:
a. Definisi fitnah menurut bahasa dan istilah.
b. Macam-macam bentuk fitnah.
c. Sebab-sebab terjadinya fitnah.
d. Zaman dan tempat-tempat terjadinya fitnah.


3.   Bab Kedua.
Meliputi pembahasan mengenai sikap yang syar'i terhadap fitnah dan pengaruhnya terhadap individu dan ummat. Pasal ini terbagi kepada tiga pembahasan, yaitu:
a.    Sikap yang syar'i terhadap fitnah dan dalilnya menurut al-Qur-an dan sunnah.
b.   Beberapa contoh sikap para sahabat dan ulama salaf ketlka terjadi fitnah.


4.   Bab Ketiga.
Meliputi pembahasan mengenai sikap-sikap yang ber-tentangan dengan manhaj ulama salaf dalam menghadapi fitnah. Pasal ini terbagi kepada delapan pembahasan, yaitu:
a.    Meremehkan para ulama serta ilmu mereka, dan meng-agungkan para ahlul bid'ah
b.   Mcnghidupkan fitnah masa lalu dengan mengumpulkan massa, dan menjadikan itu sebagai tradisi dan perayaan
c.    Mcmisahkan diri dari jamaah dengan menciptakan berbagai partai dan kelompok yang memecah belah umat.
d.   Tergesa-gesa Mengkafirkan Umat, baik Kalangan Umum maupun Kalangan Khusus, dan Memfokuskan Vonis Itu kepada para Pemimpin Kaum Muslimin
e.    Menghalalkan darah kaum Muslimin yang berbeda pendapat.
f.    Membentuk demonstrasi massal.
g.    Membuat kerusakan di negara-negara Islam dengan peng-hancuran, pengeboman, dan semacamnya.
h.   Bermigrasi ke negeri kafir. 


Metodologi Pembahasan
Dalam pembahasan ini, penulis berusaha mencari akar permasalahan yang berkaitan dengan masalah fitnah dari Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya ^, di samping mengambil faedah dari pendapat para Salafush Shalih mengenai per¬masalahan ini.
Sedangkan beberapa urusan yang terjadi pada zaman sekarang ini dan tidak pernah terjadi pada zaman salafush shalih, penulis berusaha menganalogikannya dengan peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi, disertai nukilan komentar para ulama Ahlus sunnah dan para ulama yang menisbatkan dirinya kepada madzhab Salaf pada yang ada sekarang. Karena itulah, penulis menukil beberapa fatwa dan para imam dakwah salafiyah dan dari majelis ulama yang ada di negeri Arab Saudi, agar permasalahannya menjadi jelas dan pembaca menjadi lebih yakin terhadap agamanya.

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Softcover
Judul Asli Al Fitnah wa Mauqiful Muslim Minhaa
Judul Buku Fitnah Akhir Zaman
Jumlah Halaman 458 hlm
Jumlah Jilid Lengkap Pustaka Imam Syafii
Penulis Dr Muhammad bin Abdul Wahab Al Aqil
Ukuran Fisik Buku buku ukuran sedang, 15.5 x 23.5 cm