• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Darussunnah Rahasia Keagungan Shalat Penulis : Syaikh Dr Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr , Penerbit Darus Sunnah .. Product #: DSN-0126 Regular price: Rp 30.000 Rp 30.000

Rahasia Keagungan Shalat

Harga: Rp 30.000  Rp 24.000

- +

Allah - Subhanahu Wa Ta'ala - berfirman, yang artinya :
"Orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (agama mereka) sampai datang kepada mereka bukti yang nyata, (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yting mcnibncakan kmbaran-lembaran yang suci (Al-Qur-an), di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus (benar). Dan tidaklah berpecah belah orang-orang Ahli Kitab melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata. Padahal mereka hanya diperintahkan menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar mereka melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). " (QS. Al-Bayyinah: 1-5)
Allah Ta'ala juga memerintahkan Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam untuk memerangi manusia agar mereka mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan shalat, dan membayar zakat.
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, dan membayar zakat. Jika mereka telah melakukan hal tersebut, maka mereka telah melindungi darah dan harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, dan hisab mereka ada pada Allah 'Azza wa Jalla."[ Hadits riwayat Bukhari no 25, dan Muslim no : 22]
Shalat adalah Rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim dan muslimah.
Shalat merupakan tiang agama yang wajib ditegakkan dan dikokohkan,
Shalat adalah sebaik-baik amal
Shalat adalah cahaya kehidupan seorang mukmin.
Shalat adalah amal yang membawa keselamatan di dunia dan akhirat.
Shalat adalah amal yang membawa ketenangan hati dan barakah.
Shalat adalah jalan menuju Surga.
Shalat merupakan hubungan antara hamba dengan Rabb-nya Subhanahu wa Ta'ala yang wajib dilaksanakan lima waktu sehari semalam, sesuai petunjuk Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, sebagaimana sabda beliau,
"Shalatlah, sebagaimana kalian melihat Aku shalat “ [ Al Bukhari no : 631,6008,7246, dan selainnya]
Shalat wajib dikerjakan dengan ikhlas dan ittiba' serta shalat wajib dikerjakan dengan khusyu' dan thuma'-ninah. Oleh karena itu, beruntunglah orang yang raengerjakan shalat dengan khusyu' dan thuma'ninah.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya." (QS. Al-Mu'-minuun: 1-2)
Sebaliknya merugilah orang-orang yang lalai dari shalatnya dan mengerjakannya dengan tidak khusyu' dan tidak thuma'-ninah.
Allah Ta'ala berfirman, '
"Maka celakalah orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap shalatnya." (QS. Al-Maa'uun: 4-5)
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,
"Sesungguhnya ada seorang laki-laki yang mengerjakan shalat selama enam puluh tahun, tetapi tidak ada satu shalat pun yang diterima darinya. Barangkali ia menyempurnakan ruku', tetapi tidak menyempurnakan sujud, dan menyem¬purnakan sujud, tetapi tidak menyempurnakan ruku'.”[ Hasan: Diriwayatkan oleh al-Ashbahani ( j 236/2) dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu. Dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 2535)]
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam juga bersabda,
"Alloh Subhanahu Wa Ta'ala tidak akan melihat kepada shalat seorang hamba yang tidak meluruskan punggungnya pada saat berdiri di antara ruku' dan sujudnya (i'tidal).” [Sanadnya Jayyid: Diriwayatkan oleh Ahmad (IV/22) dari Thalq bin 'Ali al-Hanafi radhiyallaahu 'anhu. Lihat Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 2536).]
Hadits ini adalah ancaman bagi orang yang tidak khusyu' dan tidak thuma'-ninah dalam shalatnya. Hadits ini menunjukkan wajibnya khusyu' dan thuma'-ninah dalam shalat. Dan ini wajib dijaga dalam semua shalat.
Barangsiapa menjaga shalat yang lima waktu dengan khusyu' dan thuma'-ninah serta dengan ikhlas dan sesuai dengan contoh Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, maka pada hari Kiamat ia akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan. Dan Allah akan menjanjikannya untuk masuk Surga.
Shalat akan mendidik seorang muslim agar selalu cinta, takut, dan mengharap hanya kepada Allah, yang apabila dilaksanakan dengan khusyu' dan thuma'-ninah, maka shalat tersebut akan mencegah seorang hamba dari perbuatan keji dan mungkar.
Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
"Bacalah Kitab (Al-Qur-an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) sesungguhnya mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaan-nya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-'Ankabut: 45)
Shalat merupakan amalan yang pertama dihisab pada hari Kiamat. Sebagaimana Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Amal seorang hamba yang pertama kali dihisab pada hari Kiamat adalah shalat, apabila shalatnya baik maka baik pula seluruh amalnya dan apabila shalatnya rusak maka rusak pula seluruh amalnya “ [Shahih: Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Mu'jamul Ausath (11/512, no. 1880) dari Shahabat Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu. Dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 1358) ]
Buku ini menyampaikan sejumlah pesan dan nasehat terkait ibadah yang mulia ini. Penulis mencoba menjelaskan bagaimana seorang muslim mampu memahami kedudukan shalat dan keagungannya. Bagaimana shalat itu bisa dilakukan dengan baik dan benar, penuh ketundukan, kekhusyu’an, dan merendahkan diri di hadapan Allah Ta’ala, sehingga mampu menjadi penghubung antara seorang hamba dengan Rabbnya.

Semoga buku ini mampu menuntun dan membimbing kepada kita semua untuk senantiasa melaksanakan shalat dengan baik dan benar sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Dan mengingatkan untuk senantiasa khusyu’ di dalam shalat, sehingga kita termasuk orang-orang yang mampu melaksanakan shalat dari sisi zahir dan batin.

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover softcover
ISBN 978-602-7962-096
Judul Buku Rahasia Keagungan Shalat
Jumlah Halaman 204 hlm
Penerbit / Publisher Darus Sunnah
Penulis Syaikh Dr Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr
Ukuran Fisik Buku Buku Ukuan Sedang 13.5 x 20.5 cm