• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Pustaka Imam Syafii Birrul Walidain : Berbakti Kepada Kedua Orang Tua penulis : ust. Yazid bin Abdul Qodir Jawas;Fisik : Buku ukuran sedang 14 x 20 cm , softcover, 116 ha.. Product #: PIS-0126 Regular price: Rp 25.000 Rp 25.000

Birrul Walidain : Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Imam adz-Dzahabi -rahimahullah- dalam kitabnya al-Kabaa-ir , beliau berkata: 
" Ibumu telah mengandungmu di dalam perutnya selama 9 bulan yang seolah-olah 9 tahun. Dia bersusah payah ketika melahirkanmu yang hampir saja menghilangkan nyawanya. Dia telah menyusuimu , dan /a hilangkan rasa kantuknya karena menjagamu. Dia cuci kotoranmu dengan tangan kirinya, dia utamakan dirimu atas dirinya serta atas makanannya. Dia jadikan pangkuannya sebagai ayunan bagimu. Dia telah memberikanmu semua kebaikan dan apabila kamu sakit atau mengeluh tampak darinya kesusahan yang luar biasa dan panjang sekali kesedihannya dan dia keluarkan harta untuk membayar dokter yang mengobatimu. Seandai-nya dipilih antara hidupmu dan kematiannya, maka akan meminta supaya kamu hidup dengan suaranya yang paling keras. Betapa banyak kebaikan ibu, sedangkan engkau balas dengan akhlak yang tidak baik. Dia selalu mendo'akanmu dengan kebaikan, baik secara sembunyi maupun terang-terangan. 
Tatkala Ibumu membutuhkanmu disaat dia sudah tua renta, engkau jadikan dia sebagai barang yang tidak berharga di sisimu. Engkau kenyang dalam keadaan dia lapar. Engkau puas dalam keadaan dia haus. Engkau mendahulukan berbuat baik pada istri dan anakmu daripada ibumu. Engkau lupakan semua kebaikan yang pernah dia perbuat. Berat rasanya atas-mu memeliharanya padahal itu adalah urusan yang mudah. Engkau kira Ibumu ada di sisimu umurnya panjang padahal umurnya pendek. Engkau tinggalkan padahal dia tidak punya penolong selainmu. Padahal Allah telah melarangmu berkata 'ah' dan Allah telah mencelamu dengan celaan yang lembut. Engkau akan disiksa di dunia dengan durhakanya anak-anakmu kepadamu. Allah akan membalas di akhirat dengan dijauhkan dari Allah Rabbul 'aalamin"
Buku ini membahas tema 'Berbakti kepada Kedua Orang Tua', karena banyak sekali di masyarakat, anak-anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, tidak menghargai orang tua, melecehkan orang tua, bahkan ada yang mencaci-maki dan memukul orang tuanya, na'udzubillaah min dzalik.
Padahal, apabila 'si Anak' ini menyadari, orang tualah yang melahirkan, mengurus, memberikan nafkah, mendidik, dan membesarkannya sampai dewasa. Karena itu, kewajiban 'si Anak' adalah taat kepada orang tua dan harus memenuhi hak keduanya dengan mematuhi perintah keduanya.
Pembahasan mengenai berbakti kepada orang tua adalah pembahasan yang sangat penting untuk dikaji setelah mengkaji masalah tauhid kepada Allah Sub¬hanahu wa Ta'ala. Banyak hak yang harus dipenuhi oleh manusia: pertama hak Allah Subhanahu wa Ta'ala, kedua hak Rasulullah shallallaahu 'alahi wa sallam, dan ketiga hak kepada kedua orang tua, kemudian hak-hak lainnya. mengamalkannya dengan baik terutama hak-hak orang tua mereka karena telah melahirkan, mengasuh, mendidik, dan membesarkan kita hingga kita menjadi manusia yang berguna. Oleh karena itu, kita wajib berbakti kepada kedua orang tua dengan cara men-taati, menghormati, mencintai, menyayangi, mem-bahagiakan, serta mendo'akan keduanya ketika kedua-nya masih hidup maupun sesudah meninggal dunia.
Taat kepada kedua orang tua adalah hak orang tua atas anak sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya selama keduanya tidak memerintahkan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan atau syari'at Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah shallallaahu 'alahi wa sallam bersabda:
"Tidak boleh taat kepada seseorang dalam berbuat maksiat kepada Allah Tabaraka wa Ta'ala." [Shahih: HR. Ahmad (V/66)]
Sebaliknya, kita juga dilarang durhaka kepada kedua orang tua karena hal itu termasuk dosa besar yang paling besar. Dalam satu riwayat disebutkan bahwa seseorang tidak masuk Surga apabila durhaka kepada kedua orang tuanya.
Rasulullah shallallaahu 'alahi wa sallam bersabda:
'Tidak masuk Surga orang yang suka mengungkit-ungkit (menyebut-nyebut) kebaikan (yang sudah diberikan), anak yang durhaka, dan pencandu khamr." [HR. An-Nasa-i (VIII/318), dari Shahabat 'Abdullah bin Aim radhiyallaahu 'anhuma. Lihat Shahiih al-Jaami'ish Shaghiir mo 7676) ]

 

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Softcover
ISBN 978-602-9183-85-6
Judul Buku Birrul Walidain : Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Jumlah Halaman 116 hlm
Penerbit / Publisher Pustaka Imam Syafii
Penulis ust. Yazid bin Abdul Qodir Jawas
Ukuran Fisik Buku Buku ukuran sedang 14 x 20 cm