• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku

toko buku islam muslim jual buku Diktat Ahkamum Nisa : catatan Hukum-Hukum Fiqih Khusus Wanita

Brand: Al Qowam

Harga: Rp 37.000  Rp 29.600

- +

Di antara kewajiban yang Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- perintahkan kepada setiap muslim baik pria maupun wanita ialah menuntut ilmu ( yakni : ilmu-ilmu agama), dengan ilmu ini, seorang muslim diantaranya mampu membedakan antara yang halal dengan yang haram. Nabi -Sholallahu Alaihi Wassalam- bersabda,
"Siapa yang dikehendaki Allah memperoleh kebaikan, niscaya Allah akan menjadikannya mengerti/faham dalam urusan agama". (HR. al-Bukhari).
Disebutkan dalam suatu riwayat, suatu ketika Asma' binti Yazid ibnu as-Sakan al-Anshariyah -Rodliallohu Anha- pergi ke majelis Rasulullah -Sholallahu Alaihi Wassalam- lalu berkata, "Wahai Rasulullah, aku adalah utusan orang-orang yang ada di belakangku (yaitu sekelompok wanita-wanita mukminin ). Keseluruhan mereka sependapat dengan apa yang aku katakan, yaitu bahwa engkau diutus Alloh Azza wa Jalla untuk seluruh umat manusia; baik laki-laki maupun perempuan, maka kami pun beriman kepadamu. Akan tetapi, kami sekalian wanita, adalah makhluk yang serba terbatas, yang hanya duduk di rumah, melayani syahwat suami dan menjaga serta mendidik anak-anak mereka. Sedangkan mereka, kaum laki-laki, dapat selalu ikut berkumpul bersama jama'ah, dapat menyaksikan dan mengikuti penguburan jenazah dan dapat ikut dalam pertempuran (berjihad). Apabila mereka (kaum laki-laki) pergi berjihad, maka kami menjaga harta-harta mereka dan mendidik anak-anak mereka. Wahai Rasulullah, apakah dengan demikian maka pahala yang kami dapatkan sama dengan pahala yang mereka dapatkan?''
Kemudian Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam pun memalingkan wajahnya kepada para sahabatnya ( yang hadir dalam majelis beliau), lalu berkata, "Apakah kalian mendengar apa yang dikatakan oleh wanita tersebut tentang persoalan-persoalan yang berhubungan dengan agama-nya? Mereka menjawab, "Kami mendengarnya ya Rasulullah."
Rasulullah pun bersabda, "Pergilah wahai Asma', dan sampaikanlah kepada orang-orang yang mengutusmu (yakni para wanita mukminin), bahwa perbuatan baik yang dilakukan oleh setiap orang di antara kalian (wanita) terhadap suaminya, keinginannya untuk mendapatkan keridha-an suami nya, dan kepatuhannya terhadap kehendak suaminya (yang tidak bertentangan dengan perintah Allah dan Rasul-Nya), memiliki nilai pahala yang sama dengan seluruh perkara yang engkau sebutkan tadi."
Asma' -radhiallahu 'anha- pun segera pulang menghampiri kaum wanita yang telah mengutusnya untuk menghadap Rasulullah sambil mengumandangkan tahmid dan takbir sebagai tanda, bahwa apa yang didengarkan olehnya dari Rasulullah adalah kabar gembira [lihat : al Istaaf fi ma'rifatil Ashhaab (3233), dan As Dhur Al Mantsur, Imam As Suyuthi (1/1510), diriwayatkan oleh baihaqi dalam Kitab Syu'ab Al Iman (8743)]
Wanita mendapatkan perhatian dan memiliki kedudukan yang tinggi di dalam Islam, karena wanita merupakan madrasah pertama bagi putra putrinya. Mereka memiliki peran yang sangat penting dalam menghantarkan baik dan tidaknya sebuah bangsa. Wanita sekaligus hamba Allah - Subhanahu Wa Ta'ala - yang dituntut untuk beribadah kepada Allah dengan cara yang benar. Begitu sempurna dan indahnya ajaran Islam yang telah mengembalikan kedudukan wanita sesuai kodrat dan fitrahnya.

Oleh karena itu seorang wanita dituntut untuk mengetahui hukum agama, syariat-syariat, dan kewajiban-kewajiban yang dibebankan kepadanya. Sehingga dengan ilmu agama insya Allah seorang wanita akan mengetahui hukum-hukum Allah dan mengamalkannya dengan benar, baik dalam masalah ibadah maupun mu'amalah.

Fikih Wanita bukan hanya penting difahami oleh kalangan wanita, namun juga menjadi hal yang penting difahami oleh kalangan laki-laki, sebab pada prinsipnya laki-lakilah yang menjadi pemimpin wanita termasuk bertanggung jawab terhadap pemahaman akan urusan ibadah dan semua hukum yang terkait dengannya.

Buku ini adalah buku fiqih yang memuat segala pembahasan hukum agama yang berkaitan dengan wanita sesuai dengan dalil-dalil yang shahih.

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia/ terjemah
Format Cover softcover
ISBN 978-602-8417-56-3
Judul Buku Diktat Ahkamum Nisa : catatan Hukum-Hukum Fiqih Khusus Wanita
Jumlah Halaman 224 hlm
Penerbit / Publisher Al Qowam
Penulis Syaikh Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan
Ukuran Fisik Buku 14 x 20.5 cm