• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Pustaka Ibnu Katsir Teladan Hidup Orang-Orang Pilihan Penulis ; Ahmad Salim Baduwailan ;Penerbit : Pustaka Ibnu katsir .. Product #: PIK-0029 Regular price: Rp 34.000 Rp 34.000

toko buku islam muslim jual buku Teladan Hidup Orang-Orang Pilihan

Harga: Rp 34.000  Rp 27.200

- +

Sejarah hidup generasi Salaf mengandung banyak sekali pelajaran yang berharga, petuah yang baik, petunjuk dan cahaya, kemenangan dan keberuntungan, kebahagiaan dan kesuksesan. Di sana ada penyucian karakter, pelembutan jiwa, pemantapan iman dan tauhid, dan pemandangan nyata mengenai komitmen terhadap agama. Dan boleh dikata sejarah hidup mereka adalah figur yang bisa dijadikan sebagai contoh dan tauladan dalam segala hal.
Abdullah bin Mas'ud -Rodliallohu Anhu- berkata,
"Barangsiapa ingin mencari tauladan, hendaklah ia mencari tauladan pada orang yang sudah mati. Karena orang yang hidup tidak terjamin aman dari ancaman fitnah."
Itulah jalan dan nasihat sahabat Abdullah bin Mas'ud, sebagai pedoman bagi kita dalam mencari suri tauladan. Sebab, manusia yang sempurna jumlahnya sangatlah sedikit.
Membicarakan kehidupan generasi seperti mereka akan menghidupkan hati dan membangkitkan semangat Oleh karena itulah ketika ulama besar Al Imam Abdullah bin Mubarak -rahimahulloh- ditanya, "Mengapa anda tidak mau duduk bersama kami?" Dia menjawab," Aku pergi untuk duduk bersama para sahabat Nabi -Sholallahu Alaihi Wassalam- ." Maksudnya adalah beliau lebih memilih untuk belajar dan membaca buku-buku biografi dan sejarah hidup mereka.
Karena metode pendidikan yang bisa meresap ke dalam hati adalah membaca sejarah hidup orang-orang terkemuka.
Begitu banyak buku-buku yang mengisahkan tentang perjalanan hidup, siroh, thabaqot, sejarah para Salaf, salah satu diantaranya kitab : shifatush Shafwah, karya Al Imam Ibnu jauzi -rahimahulloh- . isinya membahas tentang berta-berita orang shalih dan keadaan mereka.
Imam Ibnul Jauzi -rahimahulloh- memulai bukunya dengan satu bab dalam masalah yang berkenaan dengan keutamaan para wali dan orang-orang shalih, kemudian disusul dengan menceritakan perihal Nabi Muham¬mad -Sholallahu Alaihi Wassalam- , keadaan beliau, akhlak dan segala sesuatu yang berhubungan dengan beliau, lalu para Shahabat -Rodliallohu Anhum- yang terkenal dengan ilmu yang ditopang oleh kezuhudan dan ibadah, beliau mengungkapkannya sesuai dengan keistimewaan yang dimiliki oleh masing-masing individu dari mereka. Setelah itu beliau menyebutkan para Shahabat pilihan, para Tabi'in dan orang-orang yang ada setelahnya.
Sebuah buku yang membahas kehidupan para penghulu agama ini, para pendahulu kita, generasi Rasulullah -Sholallahu Alaihi Wassalam- dan beberapa generasi setelahnya. Mereka bukanlah Malaikat, mereka adalah manusia biasa seperti manusia pada umumnya. Namun yang membedakan antara mereka dan manusia lainnya adalah mutu ketakwaan yang mereka miliki. Mereka begitu taat kepada Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- dan takut kepada-Nya.
Perbuatan mubah yang tidak bermanfaat dalam pandangan me¬reka adalah dosa yang harus ditinggalkan. Mereka tidak mengenal perbedaan antara dosa kecil dan dosa besar. Mereka juga tidak memandang kecilnya sebuah dosa maksiat, namun yang mereka pandang adalah keagungan Rabb yang mereka bermaksiat kepada-Nya.
Hampir semua pintu ketaatan mereka masuki ( mereka beramal dengan nya) , dan hampir seluruh pintu kemaksiatan mereka hindari. Jika ada jenis ketaatan yang mereka lewatkan atau suatu kesalahan yang tidak sengaja mereka lakukan, mereka menyesali dan menangisinya hingga waktu yang panjang, mereka takut dan khawatir Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- tidak akan memberikan ampunan.
Mereka adalah orang-orang yang zuhud terhadap kesenangan dunia. Mereka tahu bahwa dunia tiada berarti dan tiada berharga di sisi Allah, sehingga mereka meninggalkannya. Sebaliknya, mereka tahu bahwa kehidupan yang sesungguhnya dan kebahagiaan yang hakiki dan abadi adalah kehidupan di negeri Akhirat sehingga me¬reka berjuang untuk meraihnya.
Mereka adalah orang-orang yang gagah berani berjuang di jalan Allah di waktu siang dan banyak beribadah dan sedikit tidur di waktu malam. Usia mereka dihabiskan dan diisi dengan berbagai ketaatan, waktu mereka tidak berlalu dengan sia-sia dan tidak pula diisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.
Itulah sedikit gambaran tentang orang-orang pilihan, orang-orang yang senantiasa taat kepada Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- dan jauh dari perbuatan maksiat, bahkan mereka tidak tahu bagaimana cara berbuat maksiat.
Mereka adalah orang-orang yang paling pantas untuk kita tokohkan dan paling layak untuk kita jadikan panutan dan teladan. Berbagai peristiwa dan kejadian menakjubkan dalam kehidupan mereka akan kita jumpai dalam buku ini. Berbagai pelajaran dan pengalaman hidup yang sangat berharga akan kita temukan pula di dalamnya.
Dengan membaca dan membandingkannya dengan realita ke¬hidupan kita sekarang ini akan kita ketahui sejauh mana tingkat ke¬taatan dan ketakwaan kita kepada Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- dibanding dengan ketaatan dan ketakwaan mereka, sehingga hal tersebut menjadi modal bagi kita untuk memotivasi dan mencambuk jiwa kita untuk lebih dan lebih lagi meningkatkan mutu ketaatan dan ketakwaan kita kepada Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala- .
Inilah buku terjemah dari jawaahir Shifatush Shafwah karya Ahmad Salim Baduwailan, berupaya meringkas point penting dalam kitab Shifatush Shafwah. Berupaya mensarikan gambaran kehidupan orng-orang Shalih: berupa kekhusyu'an mereka, zuhud mereka, ibadah, akhlak dan sikap-sikap mereka yang sangat agung (mulia), juga apa yang mereka ucapkan menjelang kematian dan nasihat-nasihat mereka
Buku ini terbagi menjadi delapan bagian,
diantaranya :
1. Rasa takut mereka kepada Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala-
2. Menjelang kematian.
3. Zuhud.
4. Ibadah dan pendekatan diri mereka kepada Alloh -Subhanahu Wa Ta'ala-
5. Akhlak mereka.
6. Do'a-do'a mereka yang dikabulkan.
7. Sikap-sikap mereka yang mulia.
8. Perkataan dan wejangan mereka.

Teladan Hidup Orang-Orang Pilihan
Judul asli : jawaahir Shifatush Shafwah
Penulis ; Ahmad Salim Baduwailan
Fisik : Buku ukuran sedang 16x24m, softcover, 222 hlm
Penerbit : Pustaka Ibnu katsir

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover softcover
Judul Asli jawaahir Shifatush Shafwah
Judul Buku Teladan Hidup Orang-Orang Pilihan
Judul Buku Buku ukuran sedang 16x24m
Jumlah Halaman 234 hlm
Penerbit / Publisher Pustaka Ibnu katsir
Penulis Ahmad Salim Baduwailan