• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku
Pustaka Al Furqon Bila Sakit Menyapa Penulis : Abu Abdillah Sahrul Fatwa bin Lukman fisik: buku ukuran sedang 11.5 x 17.5 cm, Softcover, .. Product #: PAF-0003 Regular price: Rp 25.000 Rp 25.000

Bila Sakit Menyapa

Harga: Rp 25.000

- +

Dengan membaca buku ini, kita juga akan mendapati betapa indahnya tatanan agama Islam yang mengatur segala aspek kehidupan manusia. Islam memperhatikan etika dan akhlak sesama, terlebih kepada orang-orang yang sangat membutuhkan hiburan, seperti orang yang sakit, berbeda dengan peradapan orang-orang kafir yang sangat jauh dari akhlak yang baik. Oleh karena itu tidak heran bila orang sakit di negeri mereka kurang diperhatikan sekalipun oleh kerabat terdekat mereka sendiri (!), bahkan bila ada seseorang yang berkunjung pada orang sakit, misalnya, niscaya mereka anggap asing sekali (!). Maka berbanggalah dirimu -wahai saudaraku- dengan agamamu dan peganglah erat-erat hingga maut menjemputmu.

Dengan sedikit uraian di atas, maka kami menghimbau kepada muslimin untuk menyisakan waktunya sebentar untuk mengambil manfaat dari buku kecil ini dan menjadikan buku ini sebagai "hadiah berharga" bagi saudara, sahabat, atau keluarga anda yang sakit. Sungguh, ini merupakan kesempatan berharga bagimu untuk berdakwah dalam waktu yang sangat dibutuhkan, apalagi kalau engkau merasa malu mendakwahinya secara langsung.

Lebih khusus kami menganjurkan kepada para dokter atau pegawai rumah sakit untuk menyebarkan buku ini pada pasien-pasien di rumah sakit yang kebanyakan mereka sangat awam tentang agama, seperti banyak di antara mereka yang meninggalkan shalat dengan alasan sakit (!). Bukankah ini juga termasuk tanggung jawab mereka juga ?!!.

InsyaAllah hadiah seperti ini lebih utama daripada sekedar makanan, buah-buahan, atau bunga mawar dan sebagainya, karena kebutuhan batin lebih utama daripada kebutuhan badan. Oleh karena itu para ulama salaf memahami bahwa hadiah yang terbaik adalah hadiah ilmu yang menghidupkan hati. Mari kita perhatikan sebuah petikan hadits berikut:

Dari Abdurrahman bin Abi Laila, beliau berkata, "Ka'ab bin 'Ujrah bertemu denganku, lalu beliau berkata, 'Maukah engkau saya beri sebuah hadiah yang saya dengar dari Nabi shalallahu alaihi wasallam?! Aku berkata, 'Ya, berikanlah hadiah itu kepadaku'"!

Dalam kisah ini terdapat faedah berharga bahwa para salaf saling memberikan hadiah ilmu dan menjadikannya sebagai hadiah yang sangat berharga.

Hiburan, hikmah dan fiqih ibadah praktis bagi yang sedang sakit adalah inti dari isi buku ini. Dimulai dengan pemahaman tentang nilai dari nikmat Allah kemudian kabar gembira bagi orang yang sakit buku kecil ini sangat cocok untuk hadiah kepada karib kerabat dan teman. Musibah yang mendera seseorang belum tentu merupakan suatu siksaan.

Penulis menjabarkan dalam buku ini tentang:
- Nilai sebuah nikmat
- Kabar gembira dan hikmah dibalik musibah
- Sabar menerima penyakit
- Perinta berobat ketika sakit
- Doa adalah obat yang paling mujarab
- Bagaimana cara beribadah ketika sedang sakit
- Adab menjenguk orang sakit
- Nasihat untuk para dokter

Buku ini sangat bermanfaat dan memiliki beberapa keistimewaan:
1. Berlandaskan dalil-dalil yang valid, karena dibangunn di atas dalil-dalil al-Qur'an dan hadits shahih dengan bantuan keterangan para ulama yang jelas sumbernya.
2. Isi materinya beranega ragam, karena Anda akan menjumpai dalam buku ini materi aqidah, fiqih, ibadah, kisah dan cerita, nasehat, adab, fatwa dan lain sebagainya.
3. Singkat dan praktis pembahasannya, sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan dan tidak membosankan untuk dibaca.

Bila Sakit Menyapa
Penulis : Abu Abdillah Sahrul Fatwa bin Lukman
fisik: buku ukuran sedang 11.5 x 17.5 cm, Softcover, 128 hlm
Penerbit : Pustaka Al Furqon