• Hotline: (+62) 819.2469.325
Kategori Buku

toko buku islam muslim jual buku Panduan Lengkap Menuntut Ilmu

Harga: Rp 90.000  Rp 72.000

- +

Alloh Azza wa Jalla berfirman, yang artinya :
" Katakanlah : Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" [QS Az Zumar 9]. Allah juga berfirman," Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." [Al Mujadalah 11]
Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda, yang artinya :
'barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga. Dan sungguh, para malaikat meletakkan sayap-sayap mereka bagi para penuntut ilmu sebagai rasa ridha mereka terhadap apa yang mereka perbuat. Dan sesungguhnya para penghuni langit dan bumi sampai ikan di lautan memohonkan ampun bagi orang yang berilmu. Dan keutamaan orang berilmu dibandingkan seorang ahli ibadah laksana cahaya bulan dibanding cahaya bintang-bintang. Sesungguhnya para ulama adalah pewaris para Nabi dan para Nabi tidak mewariskan dirham maupun dinar, sesungguhnya mereka hanyalah mewariskan ilmu. barangsiapa yang mengambilnya maka dia telah memperoleh bagian yang banyak." [HR Abu Daud dalam Kitabul ilmi].
Alloh Azza wa Jalla dan Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam telah memuliakan ilmu dan ahlinya. Dan Alloh Azza wa Jalla juga telah memberikan motivasi kepada hamban Nya untuk berbekal dengan ilmu. Ilmu yang dimaksud adalah ilmu agama, bukan ilmu-ilmu dunia yang diduga oleh sebagian orang , karena para Nabi tidak mewariskan ilmu dunia namun mereka mewariskan ilmu agama.Mempelajari ilmu agama/syariat termasuk amalan sholeh, amalan ibadah yang paling utama dan mulia, karena mempelajari ilmu syariat adalah salah satu jenis jihad di jalan Allah.

Alloh Azza wa Jalla berfirman, yang artinya :

"...Katakanlah, 'Apakah sama, antara orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?' Sesungguhnya orang yang berakal yang dapat menerima pelajaran." (QS. Az-Zu-mar: 9)

" Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepada-mu, 'Berlapang-lapanglah dalam majelis,' lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, 'Berdirilah kamu,' maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maba mengetabui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadilah: 11)

Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda,
"Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Dia akan menjadikan orang itu faham terhadap agamanya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

"Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju Surga." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Sesungguhnya para Malaikat akan meletakkan sayap-sayapnya bagi penuntut ilmu karena ridha terhadap apa yang dia kerjakan. Sesungguhnya orang yang berilmu akan dimintakan ampun oleh makhluk yang ada di langit dan di bumi sampai hewan yang ada di air. Keutamaan orang yang berilmu dibanding ahli ibadah (tanpa ilmu) seperti kemamaan bulan di atas seluruh bintang.
Dan sesungguhnya para ulama adalah pewaris para Nabi dan para Nabi tidak-lah mewariskan dinar atau dirham, yang mereka wariskan hanya-lah adalah ilmu, maka barangsiapa yang mengambilnya, maka sesungguhnya dia telah mengambil bagian yang banyak.
Menutut ilmu agama merupakan suatu keharusan bagi setiap muslim. Sebab bagaimana mungkin seorang dapat melaksanakan kewajiban agamanya jika tidak dilandasi dengan pengetahuan tentangnya.Berakidah yang benar, sholat, puasa tidak mungkin dapat dilakukan sesuai kehendak Alloh Azza wa Jalla jika tidak dipelajari taat caranya.
Mempelajari ilmu agama secara rinci, setelah ia memahami hal-hal yang wajib diketahuinya dalam masalah agama seseorang memang bukan kewajiban setiap muslim, namun demikian orang yang melakukannya mendapatkan keistimewaaan yang luar biasa disis Alloh Azza wa Jalla , berbagai pujian dan janji balasan istimewa di dunia dan akherat Alloh Azza wa Jalla berikan kepada orang-orang yang berilmu ( ulama) dan para penuntut ilmu.Karena kerelaan mereka meluangkan waktu untuk kepentingan tegaknya agama dan kaum muslimin disaat orang lain sibuk dengan urusan duniawi dan pribadi mereka.Juga karean perjuangan keras mereka agama ini terus terjaga dari penyimpangan.
Oleh karena itu, menuntut ilmu merupakan bagian dari Jihad di jalan Alloh Azza wa Jalla , dan pelakunya disebut sebagai pewaris para nabi.
Seseorang yang ingin kesuksesan dalam menuntut ilmu memerlukan tahapan-tahapan dan petunjuk dan bimbingan ulama supaya dia tidak patah dan terus membara semangatnya.. maka Inilah buku menjadi tuntutan awal, bagaimana seharusnya menapaki tahapan-tahapan dalam menuntut ilmu.

DAFTARISI
Bab I
DEFINISI ILMU, KEUTAMAAN DAN HUKUM
MENCARINYA
Pembahasan Pertama: DEFINISI AL-'ILMU (ILMU)
Pembahasan Kedna: KEUTAMAAN PEMILIK ILMU
Pembahasan Ketiga: HUKUM MENCARI ILMU

Bab II
ADAB-ADAB (YANG HARUS DIMILIKI OLEH) PENUNTUT ILMU DAN BEBERAPA
FAKTOR YANG EISA MENOLONG DALAM MEMPEROLEH ILMU
Pembahasan Pertama: ADAB-ADAB (YANG HARUS DIMILIKI OLEH) PENUNTUT ILMU
Pembahasan Kedua: BEBERAPA FAKTOR YANG DAPAT MENOLONG DALAM MEMPEROLEH ILMU

Bab III
BEBERAPA CARA UNTUK MEMPEROLEH ILMU DAN BEBERAPA KESALAHAN YANG HARUS DIJAUHI
Pembahasan Pertama: BEBERAPA CARA UNTUK MEMPEROLEH ILMU
Pembahasan Kedua: BEBERAPA KESALAHAN YANG WAJIB DIJAUHI

Bab IV
KITAB-KITAB PARA PENUNTUT ILMU DAN FATWA-FATWA SEPUTAR ILMU DAN FAEDAH-FAEDAHNYA
Pembahasan Pertama: KITAB-KITAB PARA PENUNTUT ILMU
Pembahasan Kedua: FATWA-FATWA SEPUTAR ILMU.
Pembahasan Ketiga: BEBERAP A FAEDAH

BabV
RISALAH-RISALAH PENTING
Risalah Pertama: AKHLAK YANG BAIK DAN
PENTINGNYA HAL ITU BAGI PARA PENUNTUT ILMU
Risalah Kedua: PENYEBAB PERSELISIHAN DI ANTARA PARA ULAMA DAN SIKAP KITA TERHADAP HAL ITU
Risalah Ketiga: ANJURAN BAGI PARA PENUNTUT ILMU UNTUK BERGABUNG DENGAN
KELOMPOK PENGHAFAL AL-QUR-AN
Risalah Keempat: PERINGATAN DARI SIFAT HASAD (DENGKI) DAN PENJELASAN BAHAYANYA
Risalah Kelima: PENJELASAN MENGENAI BAHAYA
SIKAP BERBICARA TANPA BUKTI ATAS NAMA PARA ULAMA
Risalah Keenam: PENJELASAN TENTANG SIKAP YANG BENAR TERHADAP PARA ULAMA
Risalah Ketujuh: BERPARTAI DAN BAHAYA DAN MUDHARATNYA
Risalah Kedelapan: KEUTAMAAN MEMBACA KITABULLAH DAN MOTIF ASI UNTUK MENGAJARKANNYA

 

Panduan Lengkap Menuntut Ilmu
judul asli : Kitabul Ilmi
Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin -rahimahullah-
fisik: Buku ukuran sedang 15,5x23,5cm, hardcover, 336 hal
Penerbit Pustaka Ibnu Katsir

Detail Info Buku
Bahasa Indonesia
Format Cover Hardcover
Judul Asli Kitabul Ilmi
Judul Buku Panduan Lengkap Menuntut Ilmu
Jumlah Halaman 336 hlm
Penerbit / Publisher Pustaka Ibnu Katsir
Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin -rahimahullah-
Ukuran Fisik Buku Buku ukuran sedang 16 x 24 cm